... memang tidak disarankan angkutan mudik karena jarak perjalanan maksimal memakai sepeda motor itu hanya 40-50 kilometer...
Bandung (ANTARA News) - Polda Jawa Barat  mengimbau masyarakat tidak mudik memakai sepeda motor karena beresiko tinggi dari sisi keselamatan pengguna dan umum di jalur lalu-lintas yang dilalui.

"Untuk kendaraan roda dua memang tidak disarankan angkutan mudik karena jarak perjalanan maksimal memakai sepeda motor itu hanya 40-50 kilometer," kata Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat, AKBP Faizal, usai rapat unsur satuan lalu-lintas se-Jawa Barat, di Markas Polres Garut, Jumat.

Ia menuturkan, sepeda motor dirancang bukan kendaraan untuk menempuh perjalanan jauh, apalagi sepeda motor kelas bebek dengan kapasitas mesin kecil (100-125 cc).

Jikapun ingin mudik membawa sepeda motor ke kampung halaman, polisi lebih menyarankan pemudik menaikkan sepeda motornya ke truk menuju titik terdekat ke kampung halaman masing-masing. Sedangkan pemilik dan keluarganya memakai bus umum atau bus sewa.

Cara ini dipercaya lebih aman, selamat, dan nyaman.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017