Biak, Papua (ANTARA News) - Ribuan pemudik memenuhi dek-dek pemakai jasa pelayaran kapal milik PT PELNI, KM Sinabung, di Pelabuhan Biak, Biak Numfor, Papua, Senin dini hari.

Mereka akan berlayar bersama KM Sinabung dengan kota tujuan di Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Makassar.

Seribuan pemudik di pelabuhan laut Biak dengan rute Manokwari-Sorong-Bacan, Ternate- Bitung, Baubau, Makassar-Surabaya dan Jakarta diangkut KM Sinabung tepat menjelang H-6 lebaran.

Meski seribuan penupang memadati pelabuhan laut Biak namun pelayanan untuk para pemudik tetap lancar sejak kapal sandar pukul 23.00 hingga menjelang keberangkatan pukul 01.30 WIT.

"Selama perjalanan dari pelabuhan Jayapura dan Serui hingga sandar di pelabuhan Biak gang-gang kapal dipadati penumpang tetapi kami tetap nyaman mudik lebaran menuju kota Ternate, Provinsi Maluku Utara," ungkap Herlansyah, salah satu pemakai jasa pelayaran KM Sinabung itu dengan tujuan Ternate.

Ia mengatakan, dalam puncak arus mudik hingga H-6 Lebaran pemakai jasa pelayaran kapal makin padat karena satu-satunya sarana angkutan yang murah untuk mencapai kota tujuan pemudik.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017