Kalau penumpang yang mudik ke kampung halaman melalui Kabupaten Nunukan ini sebagian besar adalah TKI dari Malaysia
Nunukan (ANTARA News) - Kantor Syahbandar dan Otorita Pelabuhan (KSOP) mengamati penumpang yang mudik Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah sekitar 95 persen adalah tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Negeri Sabah, Malaysia.

"Kalau penumpang yang mudik ke kampung halaman melalui Kabupaten Nunukan ini sebagian besar adalah TKI dari Malaysia," ujar Kepala KSOP Nunukan, Agus Subagyo di Nunukan, Senin.

Menurut dia, penumpang yang mudik ke kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri berdomisili di Kabupaten Nunukan jumlahnya sangat sedikit.

Agus Subagyo menambahkan, setiap Lebaran (Idul Fitri) penumpang mudik yang naik melalui Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan mengandalkan TKI saja.

"Pemudik di Nunukan ini mengandalkan TKI dari Malaysia. Mengharapkan warga Nunukan yang pulang ke kampung halamannya jumlahnya sangat sedikit," urai dia.

Penumpang mudik dari kalangan TKI tujuan Sulsel, Sulbar, Sultra dan Nusa Tenggara Timur. Sedangkan warga Nunukan yang mudik kemungkinan besar tujuan akhirnya di Sulsel saja.

Pewarta: M Rusman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017