Penumpang mudik di Nunukan 95 persen TKI

Senin, 19 Juni 2017 16:30 WIB
1.891 Views
Penumpang mudik di Nunukan 95 persen TKI
Ilustrasi - Salah satu kapal resmi pengangkut Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Negeri Sabah tiba di Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. (ANTARA FOTO/M. Rusman)
Nunukan (ANTARA News) - Kantor Syahbandar dan Otorita Pelabuhan (KSOP) mengamati penumpang yang mudik Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah sekitar 95 persen adalah tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Negeri Sabah, Malaysia.

"Kalau penumpang yang mudik ke kampung halaman melalui Kabupaten Nunukan ini sebagian besar adalah TKI dari Malaysia," ujar Kepala KSOP Nunukan, Agus Subagyo di Nunukan, Senin.

Menurut dia, penumpang yang mudik ke kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri berdomisili di Kabupaten Nunukan jumlahnya sangat sedikit.

Agus Subagyo menambahkan, setiap Lebaran (Idul Fitri) penumpang mudik yang naik melalui Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan mengandalkan TKI saja.

"Pemudik di Nunukan ini mengandalkan TKI dari Malaysia. Mengharapkan warga Nunukan yang pulang ke kampung halamannya jumlahnya sangat sedikit," urai dia.

Penumpang mudik dari kalangan TKI tujuan Sulsel, Sulbar, Sultra dan Nusa Tenggara Timur. Sedangkan warga Nunukan yang mudik kemungkinan besar tujuan akhirnya di Sulsel saja.

(Baca juga: Ratusan penumpang di Nunukan tertunda mudik Lebaran)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Pemudik membanjiri pusat oleh-oleh tiwul dan gatot di Jalan Wonosari-Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memborong makanan khas wilayah ini. Meskipun ...
Kelompok-kelompok remaja mendominasi takbiran keliling dengan menggunakan kendaraan bak terbuka dan juga angkutan kota terpantau di ruas-ruas jalan nonprotokol di ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...