Garut pasang penerangan di jalur alternatif Cijapati

Senin, 19 Juni 2017 16:43 WIB
1.262 Views
Garut pasang penerangan di jalur alternatif Cijapati
Ilustrasi - Selatan Pekerja memasang rambu jalan di Kersamanah, Garut, Jawa Barat, Selasa (30/5/2017). Penambahan rambu jalan di jalur selatan Jawa Barat itu untuk kesiapan arus mudik Lebaran 2017. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)
Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, memasang penerangan jalan umum di jalur alternatif Cijapati yang menghubungkan Kabupaten Bandung dengan Garut untuk kelancaran pengguna jalan pada musim arus mudik dan milir Hari Raya Lebaran 2017.

"Untuk jalur alternatif Cijapati yang semula tidak ada, sekarang sudah dipasang PJU (penerangan jalan umum)," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman kepada wartawan di Garut, Senin.

Ia menuturkan, jalur alternatif Cijapati seringkali digunakan kendaraan pemudik apabila terjadi kemacetan di kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung.

Penerangan jalan di Jalur Cijapati itu, kata dia, penting dipasang untuk kenyamanan dan keamanan pengendara saat malam hari.

"Kita upayakan agar lampu di jalan alternatif maupun jalan raya lainnya nyala, tidak ada yang padam," katanya.

Ia menyampaikan, Pemkab telah menambah 145 titik penerangan jalan tersebar di jalur kabupaten, provinsi maupun nasional.

Selain itu, lanjut dia, seluruh lampu jalan yang semula padam maupun rusak akan diperbaiki untuk membantu pemudik yang melakukan perjalanan malam hari.

"Saya pastikan penerangan jalur mudik di Garut semuanya nyala," katanya.

Ia berharap, keberadaan penerangan jalan itu dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas maupun kejahatan saat malam hari.

Selain penerangan, kata dia, Dinas Perhubungan telah memasang berbagai rambu-rambu lalu lintas juga pembatas jalan (water barrier) untuk kenyamanan pengguna jalan.

"Kita sudah siapkan water barrier dan rambu-rambu untuk membantu polisi dalam mengatur lalu lintas," katanya.

(Baca juga: Kapolres: jalur mudik Garut rawan kemacetan)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi) Dr Ari F Syam mengimbau umat Islam tetap menjaga makanan dengan baik dan sehat meski bulan puasa telah ...
Kelompok-kelompok remaja mendominasi takbiran keliling dengan menggunakan kendaraan bak terbuka dan juga angkutan kota terpantau di ruas-ruas jalan nonprotokol di ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...