Hal ini merupakan komitmen kami untuk menindaklanjuti atensi pimpinan sehingga para warga yang akan mudik selamat dan aman sampai ke tujuan."
Jakarta (ANTARA News) - Petugas gabungan memeriksa urine sebanyak 105 pengemudi bus Angkutan Bus Luar Kota di Terminal Pulogebang Jakarta Timur.

"Hasilnya 105 orang negatif menggunakan narkoba atau alkohol," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Nico Afinta di Jakarta Kamis.

Pemeriksaan urine terhadap pengemudi angkutan mudik itu melibatkan Ditresnarkoba, Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya, Bidang Kedokteran dan Kesehatan, Direktoraf Sabhara, Satuan Brimob, Polres Metro Jakarta Timur, Polsek Cakung, Badan Nasional Narkotika, TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Jasa Raharja.

Nico menyebutkan hasil pemeriksaan menunjukkan para sopir bus dalam kondisi sehat dan tidak terindikasi mengkonsumsi narkoba.

"Pada umumnya pengemudi dalam kondisi sehat dan bersih dari narkoba sehingga layak mengantarkan penumpang ke tempat tujuan," ujar Nico.

Usai menjalani pemeriksaan, petugas memberitahukan kepada penumpang perihal kondisi pengemudi bus layak mengantarkan pemudik ke daerah tujuan.

Pada kesempatan itu, para awak bus memberikan bingkisan untuk buka puasa bagi pemudik agar mendapatkan simpati.

Nico mengungkapkan pemeriksaan urine dan kesehatan pengemudi bus dilakukan juga di terminal pemberangkatan arus mudik di wilayah DKI Jakarta.

"Hal ini merupakan komitmen kami untuk menindaklanjuti atensi pimpinan sehingga para warga yang akan mudik selamat dan aman sampai ke tujuan," tutur Nico.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017