Merak, Banten (ANTARA News) - Sejumlah pemudik tujuan Pulau Sumatera mengeluhkan waktu antre yang lama di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat.

"Saya dari jam 04.00 WIB sudah keluar gerbang tol Merak. Sampai saat ini belum juga masuk kapal," ujar seorang pemudik tujuan Pringsewu, Lampung, Amin, saat ditemui di Pelabuhan Merak, pukul 08.00 wIB.

Amin berangkat dari Jakarta pada pukul 22.00 WIB. Normalnya, perjalanan ke Pringsewu, ditempuh dalam waktu delapan jam.

"Belum tahu juga, jam berapa nanti sampai di Lampung. Tergantung kapalnya ada atau tidak," jelas dia.

Pemudik lain, Dewi, mengatakan, berangkat dari jam 21.00 WIB dari Cinere, Jawa Barat.  "Masuk di Merak jam setengah empat subuh. Sampai saat ini belum juga masuk kapal," kata Dewi, yang akan pulang ke Kalirejo, Lampung Tengah.

"Biasanya berangkat jam 22.00 WIB, sampai3 di Kalirejo, jam 10.00 WIB," kata Dewi.

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, Dewi mengaku tahun ini lebih lama antre kapalnya. "Tahun lalu, hanya tiga jam, tahun ini sudah lebih dari enam jam belum juga masuk kapal," keluh Dewi.

Terdapat enam dermaga di Pelabuhan Merak. Khusus untuk dermaga enam diperuntukkan bagi kendaraan roda dua.

Kanit Binmas Polsek Pelabuhan Merak, Inspektur Dua Polisi Agus Supardi, menjelaskan, hari ini merupakan puncak arus mudik menuju Pulau Sumatera.

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak menurunkan sekitar 58 kapal pada puncak arus mudik. Satu kapal muatannya sekitar 350 hingga 400 kendaraan roda empat.

VIDEO:

Pewarta: Indriani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017