Sumenep (ANTARA News) - Puncak arus mudik di Terminal Tipe A Arya Wiraraja Sumenep, Jawa Timur, berupa peningkatan jumlah penumpang bus antar kota dalam provinsi (AKDP) diperkirakan terjadi pada "H-2" Lebaran 2017.

"Perkiraannya memang pada H-2 Lebaran atau pada Jumat ini. Namun, untuk jumlah pasti penumpang busnya yang datang ke Sumenep baru akan diketahui pada Sabtu (24/6) dini hari," ujar petugas Terminal Tipe A Arya Wiraraja Sumenep, Syafiuddin di Sumenep, Jumat sore.

Petugas Terminal Arya Wiraraja Sumenep mencatat jumlah bus dan penumpangnya yang datang (masuk) dan berangkat (keluar) setiap hari sejak pukul 00.01 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Model pencatatan itu membuat jumlah pasti penumpang bus yang datang maupun berangkat dari Terminal Arya Wiraraja Sumenep, akan diketahui keesokan harinya.

Sesuai data di Terminal Tipe A Arya Wiraraja, peningkatan jumlah penumpang bus AKDP yang masuk atau datang ke Sumenep terlihat sejak Kamis (22/6), jika dibanding hari-hari sebelumnya, termasuk pada masa angkutan Lebaran 2017.

Jumlah penumpang pada Minggu (18/6) sebanyak 340 orang, Senin (19/6) sebanyak 362 orang, Selasa (20/6) sebanyak 413 orang, dan Rabu (21/6) sebanyak 1.200 orang.

"Sementara jumlah penumpang pada Kamis (22/6) sebanyak 1.225 orang. Untuk jumlah pasti penumpang pada Jumat ini yang kami perkirakan sebagai puncak arus mudik Lebaran memang baru akan diketahui pada Sabtu (24/6)," katanya, menegaskan.

Syafiuddin juga mengemukakan, kedatangan penumpang bus AKDP ke Sumenep dalam jumlah banyak pada masa arus mudik Lebaran biasanya terjadi pada sore hingga malam hari.

Pada tahun-tahun sebelumnya, puncak arus mudik Lebaran di Terminal Arya Wiraraja terjadi pada "H-3" dan "H-2" Lebaran.

Pewarta: Abd Aziz dan Slamet Hidayat
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017