Bakauheni, Lampung (ANTARA News) - Ribuan pemudik pada Sabtu pagi tampak memadati Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan setelah menyeberang dari Pelabuhan Merak, Banten untuk tujuan berbagai daerah di Pulau Sumatara.

Berdasarkan pantauan di Terminal Penyeberangan Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, ribuan pemudik sejak pukul 02.00 WIB hingga pagi ini terus berdatangan untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan menggunakan bus atau travel di terminal pelabuhan.

Mereka yang tiba pada Sabtu dini hari memilih untuk menunggu sambil beristirahat di pelabuhan dan berencana berangkat subuh atau pada pagi.

Pemudik pejalan kaki yang tiba subuh langsung melanjutkan perjalanan menggunakan moda transportasi bus maupun travel.

Sejumlah petugas baik dari Satpol PP, TNI maupun kepolisian terlihat memantau pemudik untuk menjaga keamanan dan kenyamanan mereka dari hal-hal yang tak diinginkan.

Kernet bus dan awak travel berupaya membujuk penumpang agar naik kendaraan mereka. Petugas terlihat memantau para kernet bus dan awak travel agar tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan pemudik.

Pemudik diperkirakan akan terus berdatangan pada H-1 ini.

PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) menyebutkan sebanyak 173.775 orang telah diseberangkan dari Pelabuhan Merak Banten ke Pelabuhan Bakauheni Lampung pada Kamis (H-3) Lebaran 2017.

"Data yang kami terima dari PT ASDP Cabang Merak pada H-3 Lebaran, sebanyak 173.775 penumpang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni dari Pelabuhan Merak," kata Sugeng Purwono, Manager Operasional PT ASDP Bakauheni.

Ia juga menyebutkan, jumlah motor yang diseberangkan pada H-3 sebanyak 21.263 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 18.107 unit.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017