Pekanbaru (ANTARA News) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman didampingi Wali Kota Pekanbaru Firdaus dan semua unsur Pimpinan daerah setempat direncanakan akan melepas kendaraan hias serta masyarakat di wilayah setempat pada pawai takbir Sabtu malam menyambut Idul Fitri 1438 Hijriyah.

"Acara dilangsungkan di Jalan Gajah Mada Pekanbaru, Sabtu mulai pukul 19.00 WIB," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Idrus di Pekanbaru, Sabtu.

Ia mengatakan panitia pelaksana sudah melakukan persiapan dengan membuat panggung utama di Jalan Gajah Mada sebagai lokasi awal pelepasan.

"Sama seperti momen tahun lalu malam takbiran kali ini juga diikuti ratusan mobil hiasan dan warga masyarakat yang ingin konvoi menggunakan roda dua," bebernya.

Kendaraan hias ini sebutnya lagi sudah dikabari diikuti oleh semua utusan kecamatan, kelurahan, organisasi, institusi dan sebagainya.

Mereka kata dia akan berbaris dan antri melintasi podium pelepasan pawai malam takbir.

Ia menambahkan, pelaksanaan penetapan hari raya sudah rampung dibahas terutama untuk pawai takbir. "Kita seperti biasa, pawai kendaraan. Kita memutuskan dalam rapat, untuk imam masjid Paripurna diharapakan ikut pawai. 71 masjid Paripurna tambah seluruh SKPD," terangnya.

Pawai takbiran sambungnya akan dimulai sekitar pukul 19.30 WIB.

"Kita berkumpul dulu di Diponegoro, lalu dilepas di Gajah Mada oleh gubernur didampingi wali kota," imbuhnya.

Dari Gajah Mada setelah dilepas, peserta akan beriring-iringan melintasi Jalan Sudirman menuju Purna MTQ dan memutar di depannya.

Lalu menuju Pasar Sukaramai memutar di depan Pasar Buah belok lagi ke Hangtuah dan Diponegoro untuk ke Gajah Mada.

"Finish di Jalan Ponegoro," tambahnya.

Ia mengimbau agar masyarakat dapat menyemarakkan takbir dengan ikut berpawai dan tertib. Selain itu bagi yang tidak bisa bergabung tambahnya lagi bisa meramaikan di mesjid ataupun musalla terdekat.

Sebelumnya diberitakan sedikitnya 4.500 tim gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Tim Kesehatan/Puskesmas, dan lain-lain dikerahkan dalam kelancaran dan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1438 H di Provinsi Riau tahun 2017 kata Kapolda Riau Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara kepada wartawan usai Upacara Gelar Pasukan PAM Idul Fitri 1438 H di halaman sekolah Polisi Negara (SPN) Pekanbaru Jalan Pattimura Pekanbaru, Senin (19/6).

Pewarta: Fazar Muhardi/Vera Lusiana
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017