Pedagang ketupat Kota Bogor kewalahan terima pesanan

Sabtu, 24 Juni 2017 18:15 WIB
2.432 Views
Pedagang ketupat Kota Bogor kewalahan terima pesanan
Ilustrasi- Ketupat Lebaran. (ANTARA /Muhammad Iqbal )
Bogor (ANTARA News) - Pedagang ketupat masak di Kota Bogor, Jawa Barat kebanjiran pesanan hinnga H-1 menjelang Idul Fitri 1438 Hijria/2017, hingga malam tabiran masih terus memasak ketupat yang jadi menu hidangan lebaran.

Amsar warga Cimanggu Wates, saat ditemui, Sabtu, mengaku kewalahan melayani pemesanan ketupat sejak dua hari yang lalu.

"Tahun ini ada pesanan 600 ketupat yang harus dilayani, takut kewalahan kami batasin pesanan," kata Amsar.

Ia mengatakan, bisnis ketupat isi yang dijalaninya sudah berjalan selama 10 tahun. Setiap lebaran baik Idul Fitri maupun Idul Adha dia terus menerima pesanan.

Harga untuk satu ketupat Rp3.000 per ketupat, rata-rata pesanan 30 ketupat per orang. Pesanan sudah dilakukan sejak tiga hari yang lalu.

"Pesanan berasal dari tetangga sekitar, juga ada yang sudah berlangganan. Rata-rata rumah tangga," katanya.

Tahun lalu, Amsar menerima pesanan sampai 1.200 ketupat. Karena kewalahan, tahun ini ia membatasi pesanan hanya sebanyak 600 ketupat.

Ia mengatakan, untuk membuat 300 ketupat memerlukan waktu enam jam, pekerjaan dimulai dari siang kemarin sampai malam takbiran ini.

Untuk membuat dan memasak ketupat Amsar dibantu lima orang kerabatnya untuk menyiapkan pesanan ketupat.

"Kita mulai dari membuat ketupatnya, lalu mengisi dan memasaknya. Semua dikerjakan bersama-sama," kata Amsar yang sehari-hari bekerja sebagai tukang cuci motor.

Ketupat isi yang sudah masak menjadi alternatif bagi warga untuk menyiapkan kebutuhan lebaran. Tak jarang banyak warga memasang ketupat yang sudah masak, karena lebih praktis dan tidak direpotkan dengan memasak terlebih dahulu.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Volume penumpang selama masa angkutan Lebaran 2017 di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto naik 15,29 persen dari tahun sebelumnya, kata Manajer Humas PT ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...