999 bedug ditabuh pada malam takbiran di Purwakarta

Sabtu, 24 Juni 2017 18:38 WIB
1.578 Views
999 bedug ditabuh pada malam takbiran di Purwakarta
Dokumentasi--Festival Bedug Gorontalo 2016 Peserta menabuh marwas pada lomba Festival Bedug Gorontalo 2016 di lapangan Taruna, Kota Gorontalo, Kamis (30/6/2016). Kegiatan tahunan yang diselenggarakan pada bulan Ramadan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo tersebut melombakan kategori pelajar, umum dan Kabupaten/Kota. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)
Purwakarta (ANTARA News) - Sebanyak 999 bedug akan ditabuh dalam Festival Dulag yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jabar, pada malam takbiran, menyambut lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Festival Dulag dalam menyambut Idul Fitri telah digelar setiap tahun di Purwakarta. Ini sudah menjadi tradisi," kata Bupati setempat Dedi Mulyadi, di Purwakarta, Sabtu.

Seperti biasa, akan ada sebanyak 999 bedug yang ditabuh dalam Festival Dulag, di sepanjang Jalan KK Singawinata, Purwakarta.

"Ini kan tradisi yang sudah melegenda dalam menyambut fajar 1 Syawal setiap tahun. Kegiatan yang digelar ini selalu meriah dan warga bisa tertib mengikutinya," katanya.

Pihak Panitia Teknis Festival Dulag Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Purwakarta menyatakan, persiapan untuk kegiatan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

"Selain memeriahkan malam takbiran, event ini juga melombakan tabuhan dulag dari para peserta. Semua tim boleh ikut asal membawa bedug sendiri," kata Kabid Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Purwakarta, Heri Anwar.

Pihaknya telah menyiapkan berbagai kategori lomba, mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN, BUMD, Desa/Kelurahan dan komunitas masyarakat.

Dari masing-masing kategori tersebut akan dipilih juara 1, 2 dan 3. Selain itu, pihak panitia juga telah menyiapkan sebanyak 20 hadiah hiburan bagi peserta yang terpilih oleh Dewan Juri.

"Masing-masing kategori itu harus memenuhi kriteria harmonisasi, dekorasi dan penampilan, kita saring nanti juaranya, kita juga sediakan hadiah hiburan," katanya.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Volume penumpang selama masa angkutan Lebaran 2017 di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto naik 15,29 persen dari tahun sebelumnya, kata Manajer Humas PT ...
Pemudik membanjiri pusat oleh-oleh tiwul dan gatot di Jalan Wonosari-Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memborong makanan khas wilayah ini. Meskipun ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...