Surabaya (ANTARA News) - Kepala Gerbang Tol Jembatan Surabaya- Madura (Suramadu) Mujiono mencatat arus lalu lintas dari Surabaya menuju Pulau Madura didominasi kendaraan roda dua, yaitu sebanyak 110 sepeda motor, terhitung Jumat (23/6), atau H-2 lebaran, hingga hari ini.

"Mereka adalah pemudik yang menyeberangi Pulau Jawa lewat Jembatan Suramadu tujuan Pulau Madura," katanya, dikonfirmasi Sabtu petang.

Dia merinci pada H-2 lebaran tercatat sebanyak 48 ribu kendaraan roda dua yang melintasi Jembatan Suramadu menuju Pulau Madura.

"Kalau hari ini, yang merupakan H-1 lebaran, sampai Maghrib tadi tercatat 53 ribu kendaraan roda dua yang melintas Suramadu menuju Madura," katanya.

Dia meyakini hari ini adalah lalu lintas terpadat di Jembatan Suramadu ke arah Madura untuk arus mudik Lebaran 2017.

"Saya kira hari ini adalah puncak arus mudik di Jembatan Suramadu," ujarnya.

Dia mencatat peningkatan arus lalu lintas, khususnya roda dua, terhitung H-2 lebaran sampai hari ini adalah 200 persen dibanding hari-hari biasa.

Sampai besok setelah salat Idul Fitri, Mujiono memprediksi masih terdapat gelombang pemudik menggunakan kendaraan roda dua menuju Madura lewat Jembatan Suramadu.

"Kalau tahun lalu, tepat pada hari H lebaran, terdapat 30 ribu kendaraan roda dua yang melintas di Suramadu. Tahun ini, besok setelah salat Idul Fitri, kami perkirakan Jembatan Suramadu akan dilintasi sebanyak 35 ribu kendaraan roda dua," ucapnya.

Untuk mengantisipasi antrean di pintu tol Suramadu, pihaknya menyiapkan gerbang yang biasanya dipakai untuk pintu masuk kendaraan roda empat.

"Gate untuk sepeda motor kan ada dua, untuk mobil juga ada dua. Seandainya terjadi antrean sepeda motor di pintu masuk tol, kami buka gate untuk mobil bagi kendaraan roda untuk mengurai antrean," ujarnya.

Sebab untuk pemudik menggunakan roda empat, menurut Mujiono, antreannya tidak terlalu panjang.

"Karena jumlah mobil yang melintas di Suramadu tidak sebanyak kendaraan roda dua. Pada H-2 kemarin hanya tercatat 16.500 unit mobil yang melintas. Untuk hari ini kira-kira juga tidak jauh beda," katanya, menerangkan.

Namun begitu, dia mengatakan, khusus jumlah mobil yang melintas pada musim arus mudik Lebaran 2017 ini dikatakan meningkat sekitar 122 persen dibandingkan jumlah mobil yang melintas pada hari-hari biasa.

Pewarta: Slamet AS/Hanif N
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017