Mahasiswa asing ramaikan semarak Syawal di Sumbar

Sabtu, 24 Juni 2017 21:37 WIB
3.255 Views
Mahasiswa asing ramaikan semarak Syawal di Sumbar
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno. (ANTARA)
Padang (ANTARA News) - Sejumlah mahasiswa asing yang sedang mempelajari budaya Minangkabau, ikut meramaikan acara Semarak Syawal 1438 Hijriah di Masjid Raya Sumatera Barat, Sabtu.

"Mahasiswa asing ini adalah penerima beasiswa budaya dari Kementerian Luar Negeri, diantaranya dari Myanmar, Jepang, Polandia, Kirgistan. Mereka antusias ikut meramaikan acara," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian di Padang.

Mahasiswa asing yang masih kental dialek bahasa ibunya tersebut menarik perhatian pengunjung yang memenuhi parkiran masjid.

Apalagi mereka menggunakan pakaian bernuansa adat dan alat musik tradisi Minang.

Selain itu, acara juga dimeriahkan group seni tradisi Sikambang Manih, ISI Padang Panjang, Nasyid Nusantara, Imam Takbir dan Qori Qoriah.

"Kita juga bergabung dengan pawai telong-telong Pemkot Padang," kata Oni.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Nasrul Abit menurutnya juga akan membacakan puisi dalam acara tersebut.

"Banyak yang sudah tahu gubernur suka membuat pantun secara spontan. Tapi belum banyak yang melihat berpuisi. Malam ini waktunya," kata dia.

Acara tersebut juga dihadiri Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbar.

Sementara itu, Gubernur Irwan Prayitno mengatakan pelaksanaan sengaja dilakukan di Masjid Raya Sumbar, untuk mempromosikan ikon wisata religi tersebut.

"Wisata menjadi salah satu fokus kita. Masjid ini salah satu ikon yang kita apungkan," kata dia.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Volume penumpang selama masa angkutan Lebaran 2017 di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto naik 15,29 persen dari tahun sebelumnya, kata Manajer Humas PT ...
Pemudik membanjiri pusat oleh-oleh tiwul dan gatot di Jalan Wonosari-Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memborong makanan khas wilayah ini. Meskipun ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...