Bandung (ANTARA News) - Warga Kota Bandung menggelar takbir keliling di sejumlah jalan-jalan utama untuk merayakan Idul Fitri 1348 Hijriah yang sudah ditetapkan pemerintah pada Minggu (25/6).

Warga turun ke jalan menggelar takbir dengan menggunakan kendaraan bermotor hingga delman. Sebagian dari mereka memarkirkan kendaraannya di depan Alun-Alun Kota Bandung untuk bertakbir di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat dan lainnya berada di sepanjang Jalan Asia Afrika.

Nampak arus lalu lintas di sekitar Jalan Asia Afrika tersendat akibat lalu lalang warga yang berswafoto, serta parkir motor di pinggir jalan yang menyebabkan lajur menyempit.

Untuk memastikan takbir keliling berjalan aman, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengecek langsung takbir keliling di Jalan Asia Afrika.

Hendro berkeliling di seputar jalan tersebut dan memastikan takbir keliling di Kota Bandung berjalan kondusif.

"Untuk malam takbiran di Bandung sejauh ini aman," ujar Hendro.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang akan menggelar takbir keliling untuk mematuhi tata tertib lalu lintas.

"Kalau ada yang melanggar kami ingatkan saja. Sedapat mungkin tidak ditilang. Ini kan (takbir keliling) bagian dari ibadah," kata Hendro.

Hendro mengatakan, pihaknya akan menempatkan para personelnya di titik-titik vital serta melakukan pengawalan kepada masyarakat yang akan melakukan takbir keliling.

"Kami akan amankan dan kami kawal supaya lebih tertib," kata dia.

(U.KR-ASP/K007)

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017