Kilas berita Ramadan, cara cek tiket KA palsu hingga aplikasi usir bosan saat mudik

Minggu, 25 Juni 2017 06:35 WIB
3.309 Views
Kilas berita Ramadan, cara cek tiket KA palsu hingga aplikasi usir bosan saat mudik
Sejumlah calon penumpang Kereta Api (KA) mencetak tiket di Stasiun Tegal, Jawa Tengah, Rabu (16/11/2016). Untuk antisipasi peningkatan penumpang dan meningkatkan pelayanan pada libur Natal dan Tahun Baru 2017, PT KAI memberikan potongan tiket KA jarak jauh hingga 20 persen dan menambah 13 KA dengan kapasitas tempat duduk tambahan 13.892, atau meningkat 11 persen dari 2016 sebesar 190.868 tempat duduk per hari. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Jakarta (ANTARA News) - Cara mengecek keaslian tiket Kereta Api menyusul ditemukannya tiket KA palsu menjelang Lebaran, cerita tradisi toleransi ibadah di Kampung Sawah, cerita mudik dari Bandung ke Solo dengan sepeda, resep rendang rumahan untuk temani ketupat Lebaran hingga aplikasi usir bosan saat mudik menjadi lima berita jelang Lebarang yang layak dibaca.

1. Ditemukan tiket KA palsu, berikut cara cek keasliannya

Jakarta (ANTARA News) - Masyarakat diimbau untuk lebih waspada terhadap penipuan dalam masa mudik Lebaran 2017, termasuk tiket kereta api palsu.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Suprapto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, mengatakan telah ditemukan sembilan calon penumpang KA Kutojaya Utara (KA 192) dan tiga calon penumpang KA Kutojaya Utara Premium Tambahan (KA 7038) yang kedapatan memiliki tiket boarding pass palsu, ketika akan melakukan proses boarding pada KA Kutojaya Utara dan KA Kutojaya Utara Premium Tambahan (relasi Pasar Senen - Kutoarjo) di Stasiun Pasarsenen, Jumat (23/6).

"Antusiasme masyarakat untuk bepergian menggunakan moda transportasi Kereta Api (KA) rupanya dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan dengan melakukan penipuan terhadap calon penumpang KA," ujar Suprapto.

Baca beritanya di sini.

2. Tradisi toleransi ibadah di Kampung Sawah

Bekasi (ANTARA News) - Gereja Katolik St Servatius atau yang dikenal sebagai Gereja Betawi Kampung Sawah di Pondok Melati, Bekasi, tidak mengubah jadwal misa pada Minggu (25/6), bertepatan dengan pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Masjid Agung Al Jauhar di Jalan Raya Kampung Sawah yang berada sekitar 200 meter dari gereja.

Wakil Ketua Dewan Paroki Gereja Katolik St Servatius, Matheus Nalih, Sabtu pagi, mengatakan gereja tetap menggelar misa pagi pukul 06.00 WIB sebagaimana biasa.

Ia menuturkan warga Kampung Sawah sudah terbiasa dengan toleransi beribadah, saling menghormati hak kelompok lain dalam menjalankan ibadah agama mereka masing-masing.

Selengkapnya di sini.

3. Mudik naik sepeda, pria ini "gowes" dari Bandung ke Solo

Di Jalan Semarang-Boyolali, seorang pesepeda menepi di tugu "Selamat Jalan Semarang, Selamat Datang Boyolali". Ia menyempatkan diri mengambil foto bersamaan senja yang menyongsong di hari terakhir Ramadan 2017 itu.

Tak disangka sepeda itu telah menempuh jarak 549,7 km. Meilana Dukut Elisdiarto, si penunggang federal merah tersebut, mengayuh sepeda dari Kota Kembang Bandung untuk bertemu keluarganya dan merayakan Idul Fitri di Solo.

"Saya dari Bandung mas, ini sebentar lagi mau sampai tujuan, Solo," dengan senyum merekah dari Adhiet sapaan akrabnya.

Baca selengkapnya di sini.

4. Rendang rumahan untuk temani ketupat Lebaran

Jakarta (ANTARA News) - Rendang biasa menemani ketupat dan opor ayam saat Lebaran.

Evi (54), seorang ibu rumah tangga asal Minangkabau yang kini tinggal di Bogor berbagi resep rendang keluarganya yang praktis.

Baca resep dan tonton video memasak rendang di sini.

5. Aplikasi usir bosan saat mudik

Jakarta (ANTARA News) - Perjalanan ke kampung halaman selama berjam-jam rentan menimbulkan bosan, apalagi bila seorang diri.

ANTARA News menghimpun beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menemani perjalanan mudik.

Baca artikelnya di sini.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Volume penumpang selama masa angkutan Lebaran 2017 di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto naik 15,29 persen dari tahun sebelumnya, kata Manajer Humas PT ...
Pemudik membanjiri pusat oleh-oleh tiwul dan gatot di Jalan Wonosari-Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memborong makanan khas wilayah ini. Meskipun ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...