Jakarta (ANTARA News) - Masjid Istiqlal mulai dipadati warga sejak Minggu shubuh, jelang pelaksanaan salat Idul Fitri 1438 Hijriah yang akan dimulai sekitar pukul 07.00 WIB.




Pantauan Antara News di masjid yang terletak di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Jakarta Pusat, Minggu, kepadatan mulai terjadi dari pintu masuk Istiqlal.




Antrean panjang juga terlihat di pintu masuk masjid yang dilengkapi dengan detektor yang dijaga oleh Pasukan Pengamanan Presiden.




Lantai satu masjid hingga pukul 06.00 WIB telah dipenuhi jamaah, sementara lantai dua hingga empat, sebagian besar ruang masih kosong.




Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam memperkirakan jumlah jamaah pada pelaksanaan Salat Idul Fitri tahun ini berkisar antara 100.000 hingga 150.000 orang.




Ia menjelaskan jumlah tersebut berbeda signifikan dibandingkan pelaksanaan shalat Idul Adha yang jumlah jamaah bisa mencapai 200.000 orang, yang salah satunya dipengaruhi oleh berkurangnya warga ibu kota ditinggal mudik Lebaran.




Presiden Joko Widodo diagendakan akan melaksanakan shalat Idul Fitri 1438 H di Masjid Istiqlal, Jakarta, yang kemudian dilanjutkan dengan acara open house di rumah dinas.




Quraish Shihab rencananya akan menjadi khatib shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal dan yang bertugas sebagai imam ialah Ahmad Husni Ismail sebagai imam tetap shalat rawatib.




Video:




https://youtu.be/ZPq14KNRZmU










Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017