... yang mendasari kami, mengapa jadwal misa Minggu pagi digeser. Kalau misa itu rutin, sedangkan sudara kita yang muslim kan hanya sekali dalam setahun, dalam merayakan Idul Fitri ini...
Pamekasan, Jawa Timur (ANTARA News) - Gereja Katolik Maria Ratu Para Rasul Pamekasan, Jawa Timur menyediakan arena parkir khusus bagi kendaraan umat Islam di halaman gereja itu, yang hendak menunaikan sholat Idul Fitri 1468 Hijriah, di Mesjid Agung As-Syuhada Pamekasan.

Kebetulan lokasi kedua rumah ibadah agama besar dunia ini berdekatan.

"Gereja Katolik menyediakan parkir gratis di halaman gereja bagi mereka yang akan menunaikan shalat ibadah Idul Fitri," demikian pengumuman yang dipasang di pintu masuk gereja itu, Minggu pagi.

Menurut Pastur Damianus Fadjar Soekarno, pastur paroki Gereja Maria Ratu Para Rasul itu, selain menyediakan parkir gratis bagi jemaah yang sholat Ied di Mesjid As-Syuhada, mereka juga menunda pelaksanaan misa.

"Khusus misa yang biasanya digelar Minggu pagi, kami pindah Sabtu sore kemarin," ujarnya.

Ia menjelaskan, biasanya misa katolik setiap hari Minggu digelar pagi dan sore. "Maka demi menghormati umat Islam yang merayakan Idul Fitri, misa pada hari Minggu kami gelar pada sore hari saja," katanya.

Jarak antara Gereja Katolik dengan Mesjid Agung As-Syuhada Pamekasan itu, tergolong dekat, sekitar 700 meter saja.

Setiap hari raya Islam --Idul Fitri maupun Idul Adha-- umat Islam setempat menunaikan sholat Ied di mesjid terbesar se-Pamekasan itu, hingga ke depan gereja. Adapun jumlah umat yang sholat Ied kali ini diperkirakan lebih dari 5.000 orang.

"Itulah yang mendasari kami, mengapa jadwal misa Minggu pagi digeser. Kalau misa itu rutin, sedangkan sudara kita yang muslim kan hanya sekali dalam setahun, dalam merayakan Idul Fitri ini," kata Soekarno

Pewarta: Abdul Aziz
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017