Cianjur (ANTARA News) - Tugu Asmaul Husna di Jalan Raya Bandung-Cianjur, Jawa Barat, yang dibangun Pemkab Cianjur, menjadi tempat favorit penguna jalan yang melintas selama mudik Lebaran, untuk sekedar bersitirahat dan berfoto selfie sebelum melanjutkan perjalanan.

"Kami sengaja berhenti untuk berfoto ria dengan latar belakang Tugu Asmaul Husna atau nama-nama Allah SWT. Kesannya unik dan cukup menarik penguna jalan untuk berhenti sekedar istirahat sebelum melanjutkan perjalan ke Cianjur untuk bersilaturahmi ke sanak saudara," kata Gina (40) pendatang asal Bandung saat ditemui di Tugu Asmaul Husna, Senin.

Dia menjelaskan, selama ini hanya melihat di televisi tentang tugu yang dibangun Pemkab Cianjur tersebut, namun hari ini dia dan keluarga besarnya kebetulan melintas dan sengaja berhenti untuk berfoto.

Hal yang sama dilakukan penguna jalan lainnya yang hendak mudik ke kampung halamnya di sejumlah wilayah di Jabar, seperti Wawan Hermawan pemudik bersepeda motor, yang sengaja berhenti untuk istirahat dan berfoto di tugu tersebut, sebelum melajutkan perjalan ke Tasikmalaya.

Dia sengaja telat pulang kampung karena masih membuka usaha bubur ayam di Jakarta Selatan, hingga hari pertama Lebaran.

"Saya pulang berombongan sepuluh motor dengan tujuan sama. Kebetulan suasana masih sejuk, saya sengaja berhenti untuk istirahat sambil foto-foto menunggu teman yang lain masih di belakang," katanya.

Sementara puluhan pedagang es cingcau yang kembali menggelar lapaknya tidak jauh dari tugu tersebut, mengatakan terpaksa kembali berjualan di pinggir jalan karena tempat istirahat atau rest area Citarum tempat mereka direlokasi akan dibangun masjid oleh Pemkab Cianjur.

"Karena tidak ada lagi tempat, kami kembali berjualan di pinggir jalan. Harapan kami tidak lagi digusur karena tempat yang disediakan akan dibangun masjid. Sejak dua hari ini, pembeli meningkat, terutama pemudik yang melintas," kata Imas (34) seorang pedagang es Cingcau.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017