Kerak telor kuliner favorit di Setu Babakan

Senin, 26 Juni 2017 18:48 WIB
6.050 Views
Kerak telor kuliner favorit di Setu Babakan
ilustrasi: Selendang Mayang, es khas Betawi yang sudah langka (Monalisa)
Jakarta (ANTARA News) - Makanan khas Betawi kerak telor menjadi salah satu kuliner favorit di lokasi wisata dan perkampungan budaya Betawi Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta.

Sekitar seribuan orang yang umumnya berasal dari Jakarta dan sekitarnya mengunjungi Setu Babakan pada hari kedua Lebaran 2017, Senin (26/6), dan meraka mencari aneka makanan jajanan yang ditawarkan para pedagang kuliner di lokasi tersebut.

Salah satu kuliner favorit yang banyak dicari pengunjung adalah makanan khas Betawi, kerak telor.

Makanan yang dibuat dari bahan beras rendam telur bebek atau telur ayam ras serta bumbu-bumbu ini memiliki cita rasa khas.

Ada sekitar 20 pedagang kerak telor yang berjualan di lokasi wisata Setu Babakan tersebar di tempat-tempat penjualan dengan menampati jajaran warung tenda.

Satu porsi kerak telor dihargai sama oleh setiap pedagang, yakni Rp15.000 untuk kerak telor menggunakan telur ayam ras serta Rp20.000 untuk kerak telor menggunakan telur bebek.

Seorang pedagang kerak telor, Muhammad Soleh, mengatakan, dirinya berjualan kerak telor di lokasi wisata Setu Babakan setiap hari Sabtu dan Minggu serta hari Libur lainya.

"Setiap hari libur saya bisa menjual sekitar 70-75 porsi," katanya.

Soleh mengatakan, pada saat panggung hiburan berlokasi di dekat tempatnya berjualan, pembelinya lebih ramai.

Setiap hari libur, dia bisa menjual lebih dari 100 porsi.

"Sekarang panggung hiburan dipindah ke gedung baru di dekat pintu masuk. Di sini jadi lebih sepi," kata Soleh yang ditemani istrinya.

Sementara itu, pedagang kerak telor lainya, Zainudin mengatakan, dirinya berjualan kerak telor di lokasi wisata Setua Babakan setiap hari Sabtu dan Minggu serta hari libur lainnya.

Menurut Zainuddin, dirinya berjalan ada saat Setu babakan ramai pengunjung saja, sedangkan pada hari kerja sepi.

"Pada hari Minggu da hari libur saya, bisa menjual sekitar 75-100 porsi," katanya.

Selain kerak telor, kuliner Betawi lainnya banyak dijual di Setu Babakan, seperti dodol Betawi, arum manis, bir pletok, soto Betawi, laksa, dan toge goreng.

Setu Babakan adalah lokasi wisata danau buatan seluas sekitar 30 hektar, merpakan aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berlokasi di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarta, Jakarta Selatan.

Setu Babakan dibangun pada tahun 2002, pada era pemerintahan Gubernur Sutiyoso, tujuan awalnya sebagai lokasi penampungan air guna mencegah kekeringan pada musim kemarau, yang kemudian dibangun lokasi wisata.

Di sekitar lokasi wisata Setu Babakan, juga dibangun perkampungan budaya Betawi.

(T.R024/R017)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Volume penumpang selama masa angkutan Lebaran 2017 di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto naik 15,29 persen dari tahun sebelumnya, kata Manajer Humas PT ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...