Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 300 warga Indonesia dan umat Muslim dari beberapa negara merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah dan sekaligus perkenalan dengan Duta Besar RI di Athena yang baru Ferry Adamhar yang baru tiba di Athena di Wisma Duta KBRI Athena, Senin.

Acara berlangsung sejak pukul 08.30 hingga 13.00 waktu setempat berlangsung khidmat dan meriah, demikian Counsellor KBRI Athena John Admiral kepada Antara, Senin.

Ustadz Dr Abdul Ghoni dari Dompet Dhuafa dalam khutbah Idul Fitri menyampaikan bahwa kita harus senantiasa bersyukur karena dengan bersyukur, hidup akan tenang dan bahagia.

Dikatakannya dalam menjalani kehidupan agar melaksanakan perintah Tuhan dan menjauhkan larangannya serta memperbanyak doa untuk mengharapkan yang terbaik.

Di akhir khutbah, khatib memanjatkan doa agar masyarakat Indonesia khususnya jamaah yang hadir diberikan keteguhan melaksanakan perintah agama.

Seusai sholat diadakan acara perkenalan dan "open house" Duta Besar Ferry Adamhar dan keluarga yang dihadiri oleh masyarakat Indonesia, Friends of Indonesia dan mantan Duta Besar Republik Yunani untuk Indonesia.

Hadirin menikmati kuliner khas Lebaran lontong, opor ayam, rendang, kambing guling, ikan asam manis, sayur godok labu, asinan, aneka minuman dingin, aneka kue tradisional serta Tari Piring Minang yang dibawakan alumni Beasiswa Darmasiswa.

Kegiatan sholat Idul Fitri adalah pamungkas dari rangkaian kegiatan bulan Ramadhan KBRI yang merupakan salah satu program pembinaan masyarakat Indonesia.

KBRI Athena bekerja sama dengan elemen kelompok masyarakat Indonesia selama bulan Ramadhan menyelenggarakan kegiatan pengajian dan siraman rohani Islam, buka puasa bersama dan sholat tarawih.

Sholat Idul Fitri menjadi salah satu kesempatan silaturahmi masyarakat Indonesia yang tidak hanya berdomisili di Yunani tetapi juga wisatawan Indonesia yang berlibur di Athena.

Ada juga di antaranya yang menempuh perjalanan darat dan laut hingga delapan jam untuk ikut merayakan Idul Fitri di Wisma Duta, demikian John Admiral, Counsellor.(ZG)

(T.H-ZG/A043)

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017