Jakarta (ANTARA News) - Tidak pulang ke kampung halaman dan ditinggal asisten rumah tangga mudik rupanya menjadi alasan keluarga di Jakarta untuk merayakan libur Hari Raya Idul Fitri dengan menginap di hotel.

"Banyak keluarga yang tidak mudik, selesai silaturahmi lalu ke hotel," kata Cluster Director of Marketing Communications The Ritz-Carlton Mega Kuningan & JW Marriott Hotel Jakarta, Adeza Hamzah, melalui sambungan telepon kepada ANTARA News, Selasa sore.

Berlibur di hotel menjadi pilihan karena selain lebih mudah dan relatif lebih murah dibanding berjalan-jalan ke luar kota, banyak hotel yang menyediakan aktivitas untuk anak selama musim liburan seperti saat ini.

The Ritz-Carlton misalnya, mengadakan aktivitas untuk anak Ritz Kids berupa kegiatan edukatif mulai dari 24-30 Juni ini.

Menurut Adeza, aktivitas untuk anak itu cukup mendongkrak okupansi di hotel itu selama libur Lebaran.

Ia menyebutkan tingkat hunian saat ini mendekati angka 100 persen, demikian juga dengan JW Marriott yang letaknya berdekatan dengan The Ritz-Carlton Mega Kuningan.

Pergeseran dari tamu pebisnis menjadi keluarga juga dialami Hotel Sari Pan Pacific yang terletak di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Menurut Marketing Communication Manager Hotel Sari Pan Pacific, Amelia Defrina, lokasi hotel juga menentukan karena tamu keluarga umumnya menginginkan tempat menginap yang dekat dengan lokasi wisata atau pusat perbelanjaan.

Umumnya, tamu keluarga yang menginap di hotel tersebut terdiri dari empat orang karena asisten rumah tangga sedang pulang ke kampung halaman.

"Banyak yang selama Lebaran tidak ada asisten rumah tangga, tapi, ingin semua beres. Tidak memikirkan makanan dan laundry," kata Amelia.

Tidak hanya tamu yang berasal dari luar Jakarta, tamu yang berasal dari dalam kota juga memilih menginap di hotel.

Adeza melihat libur Lebaran kali ini lebih banyak tamu yang berasal dari Jakarta dibandingkan luar kota, tren yang berbeda dibandingkan dengan Lebaran tahun sebelumnya.

Paket promosi
Untuk menarik tamu menginap, hotel memberikan promosi selama libur Lebaran ini, umumnya memberikan keuntungan bagi tamu keluarga.

Sari Pan Pacific memberikan paket kamar yang sudah termasuk sarapan untuk dan laundry, mencuci baju.

Selain itu, tamu yang menginap juga akan mendapatkan potongan harga bila memesan makanan di restoran hotel tersebut.

Sari Pan Pacific juga memberikan potongan harga sebesar 30 persen untuk parsel Lebaran yang dijual di restoran hotel tersebut, berlaku mulai 24 Juni hingga 2 Juli 2017.

The Ritz-Carlton memberikan promosi harga sebesar Rp 1,55 juta di Grand Room, sudah termasuk sarapan untuk dua orang dewasa, berlaku hingga 30 Juni.

Sementara JW Marriott menawarkan paket kamar seharga sekitar Rp 1 juta dengan fasilitas sarapan untuk dua orang.

Bila menginap bersama keluarga, tamu membayar sekitar Rp 1,8 juta dan mendapatkan sarapan untuk dua orang dewasa dan dua anak.

Biro perjalanan berbasis dalam jaringan, Pegipegi, beberapa waktu lalu mengemukakan konsumen Indonesia memiliki kebiasaan memesan kamar di hotel secara mendadak, tiga hari sebelum hingga saat hari kedatangan.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017