Kilas Lebaran, hotel didominasi keluarga hingga tradisi "Gunungan Grebeg Syawal"

Rabu, 28 Juni 2017 08:36 WIB
3.713 Views
Kilas Lebaran, hotel didominasi keluarga hingga tradisi "Gunungan Grebeg Syawal"
Grebeg Gunungan Syawal Warga berebut gunungan saat perayaan Grebeg Syawal di halaman Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Solo, Jawa Tengah, Selasa (27/6/2017). Tradisi tersebut digelar pihak Keraton sebagai wujud syukur karena telah selesai menjalankan puasa Ramadan sekaligus upaya berbagi kepada warga dan abdi dalem. (ANTARA FOTO/Maulana Surya) ()
Jakarta (ANTARA News) - Hotel di Jakarta didominasi keluarga saat libur Lebaran, pemudik Lebaran melalui Pelabuhan Merak alami kenaikan, Jumlah penumpang Lebaran KAI Daop II meningkat, pemudik borong tiwul makanan khas Gunung Kidul hingga tradisi "Gunungan Grebeg Syawal" menjadi berita kilas Lebaran layak baca.

1. Libur Lebaran, hotel Jakarta didominasi keluarga

Jakarta (ANTARA News) - Tidak pulang ke kampung halaman dan ditinggal asisten rumah tangga mudik rupanya menjadi alasan keluarga di Jakarta untuk merayakan libur Hari Raya Idul Fitri dengan menginap di hotel.

"Banyak keluarga yang tidak mudik, selesai silaturahmi lalu ke hotel," kata Cluster Director of Marketing Communications The Ritz-Carlton Mega Kuningan & JW Marriott Hotel Jakarta, Adeza Hamzah, melalui sambungan telepon kepada ANTARA News, Selasa sore.

Baca beritanya di sini.

2. Pemudik Lebaran melalui Pelabuhan Merak alami kenaikan

Merak (ANTARA News) - Pemudik Lebaran 2017 melalui Pelabuhan Merak, Banten mengalami kenaikan sekitar 12 persen dibandingkan tahun lalu.

"Meski terjadi kenaikan penumpang pemudik, tetapi secara umum berjalan lancar," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario S Oetomo di Merak, Selasa.

Berita lengkapnya di sini.

3. KAI Daop II telah berangkatkan 630.472 penumpang

Bandung (ANTARA News) - PT KAI Daop II Bandung telah memberangkatkan 630.472 penumpang yang menggunakan kereta api utama dan kereta api lokal Bandung Raya, dari sepuluh hari sebelum lebaran (H-10) hingga satu hari setelah lebaran (H+1).

"Untuk penumpang yang diangkut dari H-10 sampai hari ini untuk kereta api utama ada sebanyak 131.614 orang," ujar Humas PT KAI Daop II Bandung Joni Martinus, saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa.

Selengkapnya di sini.

4. Pemudik borong tiwul makanan khas Gunung Kidul

Gunung Kidul (ANTARA News) - Pemudik membanjiri pusat oleh-oleh tiwul dan gatot di Jalan Wonosari-Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memborong makanan khas wilayah ini.

Meskipun sudah lama hidup merantau dan sukses meniti karier di berbagai kota, tetapi bagi sebagian besar warga Gunung Kidul tetap tidak bisa melupakan makanan khas berupa tiwul dan gatot. Ketika mereka mudik lebaran, maka dagangan tiwul dan gatot ikut diborong untuk menjadi salah satu oleh-oleh.

Baca berita lengkapnya di sini.

5. Ratusan orang ikuti tradisi "Gunungan Grebeg Syawal"

Solo (ANTARA News) - Ratusan orang dengan antusias mengikuti upacara tradisi "Gunungan Grebeg Syawal" 2017 yang digelar di Keraton Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah, Selasa.

Dalam kegiatan rutin pada masa Lebaran tersebut, masyarakat. mendapatkan berkah melalui simbol dua gunungan yang diperebutkan, yakni gunungan "jaler" (laki-laki) dan gunungan "estri" (perempuan).

Masyarakat memadati halaman Keraton Kasunanan untuk merebutkan dua gunungan berupa hasil bumi tersebut yang dipercaya akan mendatangkan berkah. Gunungan itu terdiri atas hasil bumi, seperti nasi, ketan, sayur-sayuran, dan telur.

Berita selengkapnya di sini.

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Volume penumpang selama masa angkutan Lebaran 2017 di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto naik 15,29 persen dari tahun sebelumnya, kata Manajer Humas PT ...
Pemudik membanjiri pusat oleh-oleh tiwul dan gatot di Jalan Wonosari-Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memborong makanan khas wilayah ini. Meskipun ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...