Cianjur (ANTARA News) - Polres Cianjur, Jawa Barat, menutup jalur menuju Cipanas-Puncak, mulai dari dari pos 8 Cepu atau Perempatan Loktian-By Pass karena terus mengularnya antrean di Jalur Puncak.

Penutupan jalur utama tersebut bersifat situasional hingga antrean kendaraan di Jalur Puncak kembali mencair. Sedangkan kendaraan pribadi dan angkutan umum milik warga lokal diarahkan ke jalur alternatif Gombong tembus Cugenang.

Kanit Regiden Polres Cianjur, Iptu Ghanda Syah Hidayat di Cianjur Rabu, mengatakan, penutupan arus tersebut diambil karena antrean kendaraan menuju Puncak sudah mengekor sampai Tapal Kuda Kecamatan Cugenang atau sepanjang 20 kilometer.

"Untuk menghindari macet total di jalur Puncak-Cipanas, dampak dari sistem satu arah menuju Cianjur dari Bogor, kami terpaksa menutup jalur menuju Cipanas mulai dari Cianjur," katanya.

Pihaknya memperkirakan penutupan arus tersebut diberlakukan hingga pukul 21.00 WIB karena wilayah Cipanas masih dipadati wisatawan, baik lokal ataupun luar kota mulai berbaur dengan kendraan pemudik yang hendak kembali ke perantauannya masing-masing.

"Sifatnya situasional namun kemungkinan sampai pukul 21.00 Wib baru dibuka. Kami menunggu koordinasi dengan Bogor, karena harus melihat situasi di sana juga untuk memberlakukan sistem satu arah menuju Bogor," katanya.

Pihaknya mengimbau pengendara dengan tujuan Jabodetabek dari arah Cianjur, dapat menggunakan jalur alternatif, baik Jonggol atau Sukabumi.

(U.KR-FKR/Y008)

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017