Bandung (ANTARA News) - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik arus balik Lebaran 2017 untuk dapat mengatur jadwal kepulangan mereka dengan memperhatikan manajemen.

Manajemen waktu ini penting diterapkan sebab hal ini juga terkait dengan adanya aktivitas truk angkut barang yang sudah mulai beroperasi pada tanggal 30 Juni mendatang, kata Budi Karya Sumadi dalam siaran pers Humas Setda Provinsi Jawa Barat yang diterima Antara di Bandung, Rabu.

Pada hari Rabu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bersama Kadishub Jabar Dedi Taufik, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto, dan Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Tomex Kurniawan mengecek kesiapan arus balik di Posko Angkutan Lebaran Terpadu Cikopo di pintu keluar Tol Cikampek.

Menteri Perhubungan menyatakan bahwa penyelenggaraan mudik pada tahun ini sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Diharapkan arus balik bisa tersebar di beberapa tempat dengan baik. Kalau memang pada tanggal 1 s.d. 2 Juli padat, mungkin masyarakat bisa memilih balik mulai Rabu hingga Jumat (30/6).

Kalau di kampung halaman sudah tidak ada aktivitas apa-apa lagi, lebih baik cepat balik. Bagi yang wiraswasta yang masih libur mungkin bisa pulang pada tanggal 3 Juli.

Selain itu, Menhub juga berpesan suapaya masyarakat lebih berhati-hati saat di perjalanan.

Berdasarkan evaluasi penyelenggaraan mudik tahun sebelumnya, jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada musim Lebaran justru kebanyakan terjadi pada arus balik.

Ia juga menyarankan masyarakat dapat memilih memanfaatkan program mudik gratis dari pada mudik menggunakan sepeda motor, tentu menaiki sepeda motor dengan jarak yang jauh sangat berpotensi kecelakaan.

Begitu pula, dengan kendaraan pribadi lainnya yang bertujuan mengurangi beban dan volume kendaraan di jalanan, katanya lagi.

Menhub juga mengimbau para petugas menindak tegas bus-bus yang tidak laik melewati jalur tol karena membahayakan keselamatan penumpang.

"Biasanya pada arus balik, jumlah kecelakaan cenderung meningkat. Hal itu karena pemudik sudah dalam kondisi lelah setelah melakukan mudik, lalu kondisi kendaraan yang kurang prima. Saya imbau pemudik agar memastikan kendaraannya," ujarnya.

Sejalan dengan Menhub Budi Karya, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengimbau masyarakat Jabar agar mengatur waktu baliknya. Hal ini supaya tidak terjadi penumpukan arus balik pada hari Sabtu dan Minggu akhir pekan ini.

"Saya kira benar tadi imbauan Pak Menteri, yang pegawai negeri ataupun pegawai swasta paling tidak mulai besok sudah bisa melakukan perjalanan pulang, yang sektor informal, juga bisa disebar supaya arus balik tidak bertumpuk pada tanggal 1 dan 2 Juli," katanya.

Dibandingkan dengan tahun lalu, menurut dia, kegiatan mudik balik kali ini insya Allah lebih lancar.

(A066/D007)

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017