Lebak (ANTARA News) - Ruas jalan Kabupaten Lebak pada H+4 Lebaran dipadati kendaraan arus balik menuju berbagai daerah menuju Tangerang, Jakarta dan Bogor.

Dari pantauan, Kamis, arus balik yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat memadati ruas jalan Kabupaten Lebak setelah pemudik berlebaran di kampung halaman di Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Serang.

Ruas jalan yang padat itu antara lain Jalan Rangkasbitung-Pandeglang-Baypass Soekarno Hatta-Rangkasbitung-Citeras dan Rangkasbitung-Bogor Raya.

Kebanyakan pemudik arus balik itu menggunakan kendaraan roda dua dan bekerja di wilayah Tangerang.

"Kami Mas,pulang hari ini bersama isteri dan anak karena ingin bersilatuhrahmi dengan tetangga juga membersihkan rumah setelah ditinggal mudik selama satu pekan di kampung halaman," kata Jali (40) warga Tangerang yang mengendarai sepeda motor sambil beristirahat di SPBU Ciawi Rangkasbitung.

Jali mengatakan, dirinya berangkat dari kampung halaman di Kecamatan Malingping sekitar pukul 07.00 WIB dan dan tiba di Rangkasbitung siang hari.

Perjalanan ditempuh selama empat jam Malingping-Rangkasbitung dan tinggal dua jam lagi tiba di Tangerang.

Untuk itu, dirinya kini beristirahat agar tidak kelelahan dalam perjalanan arus balik lebaran.

"Kami berharap perjalanan selamat sampai rumah dan bisa kembali bekerja tanggal 3 Juli 2017," kata Jali sambil mengaku bekerja di pabrik ban PT Gajah Tunggal Tangerang.

Begitu juga Memed (25) warga Labuan, Kabupaten Pandeglang mengaku dirinya beristirahat di warung Jalan Baypass Rangkasbitung sambil minum kopi setelah menempuh perjalanan tiga jam dengan menggunakan sepeda motor.

Ia juga sempat terjebak kemacetan di jalur Pandeglang-Labuan karena banyak kendaraan menuju kawasan wisata Pantai Carita.

Memed sebagai pekerja bengkel mobil dan tinggal di Jakarta, namun identitas pada kartu tanda penduduk (KTP) warga Kabupaten Pandeglang.

"Kami sudah empat tahun bekerja, tetapi kependudukannya belum menjadi warga DKI Jakarta," katanya.

Kepala Posko Pengamanan Mandala Dadang mengatakan saat ini arus balik yang melintasi jalan di Kabupaten Lebak meningkat dibandingkan H+3 lebaran atau Rabu (28/6).

Peningkatan kendaran pada H+4 lebaran itu karena mereka pemudik kembali ke tempat pekerjaan di wilayah Tangerang dan DKI Jakarta.

Akibat peningkatan kendaraan arus balik itu menimbulkan kemacetan di sejumlah perempatan lampu merah, seperti Lampu Merah Malangnegah, Sumurbuang dan Mandala.

Namun, kendaraan arus balik itu dapat diurai sehingga tidak terjadi antrean kendaraan.

"Kami menyebar petugas pengatur lalu lintas di titik-titik kemacetan sehingga tidak menimbulkan antrean panjang," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017