Kendaraan roda empat pemudik padati Bakauheni

Jumat, 30 Juni 2017 05:50 WIB
3.541 Views
Kendaraan roda empat pemudik padati Bakauheni
Arus Balik Pelabuhan Bakauheni. Lampung Pemudik antre membeli tiket kapal di loket penjualan tiket khusus pejalan kaki di pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Lampung, Kamis (29/6/2017). Pada H+3 pemudik sudah mulai ramai untuk melakukan penyeberangan melalui pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Lampung menuju Pelabuhan Merak Banten. (ANTARA /Ardiansyah)
Lampung Selatan (ANTARA News) - Kendaraan roda empat milik pemudik dalam arus balik memadati Pelabuhan Bakauheni, Lampung pada Kamis malam untuk menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten di hari keempat usai Lebaran 2017.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat, sejak pukul 22.00 WIB Kamis (29/6) mulai padat hingga Jumat pukul 01.00 WIB, sempat terjadi antrean menunggu penumpang dari kapal asal Pelabuhan Merak, Banten ke luar.

Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi jenis mobil pun harus menunggu 40 menit untuk memasuki kapal.

Pada malam hari kendaraan lebih didominasi oleh kendaraan pribadi berupa roda empat dibandingkan bus, atau kendaraan roda dua yang lebih lengang.

Dari data posko mudik PT. ASDP cabang Pelabuhan Bakauheni, dari rentang waktu 12 jam sejak Kamis pagi (29/6) pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB sebanyak 65.265 pemudik telah kembali ke Pulau Jawa, hampir sama dengan data 24 jam pada H+2 total ada 91.131 pemudik yang menyebrang ke Pulau Jawa.

"Hingga tadi malam sudah 263.453 penumpang yang ke Pulau Jawa, itu dihitung sejak hari kedua lebaran atau hari HH," kata koordinator data ASDP cabang Bakauheni, Ahsan Muhtar.

Ia mengatakan, yang telah kembali ke Pulau Jawa baru 28 persen dari total pemudik, sehingga yang belum kembali sebanyak 679.918 orang.

Dari data 65.265 pemudik itu jika dirinci sebanyak 49.121 penumpang berada dalam kendaraan dan 16.144 penumpang pejalan kaki.

Lalu, sebanyak 8.132 pemudik sepeda motor dan 6.270 unit kendaraan mobil pribadi, 75 bus dan 95 truk, sehingga total kendaraan pemudik mencapai 14.572.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Pemudik membanjiri pusat oleh-oleh tiwul dan gatot di Jalan Wonosari-Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memborong makanan khas wilayah ini. Meskipun ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...