Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Kesehatan meminta para pemudik mewaspadai masalah kesehatan saat terjadi kemacetan pada arus balik khususnya di Tol Cikampek-Jakarta KM 66 yang merupakan titik temu antara Tol Cipularang dan Tol Cipali.

Siaran pers dari Kementerian Kesehatan yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan berdasarkan informasi dari pos kesehatan, masalah kesehatan pemudik pada umumnya ialah kelelahan dan gangguan pencernaan.

Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Ace Rusadi di pos kesehatan rest area KM 62 Tol Cikampek-Jakarta menyebutkan banyak pengendara yang kelelahan langsung berhenti dan beristirahat di rest area, bahkan langsung memeriksakan kondisi kesehatannya jika mengalami gangguan kesehatan.

"Kebanyakan masalah pengemudi dikarenakan faktor kelelahan, ada juga pencernaan," ujar Ace.

Ia menyarankan pengendara memanfaatkan pusat informasi 119 untuk menanggulangi masalah kesehatan selama di perjalanan terutama bila mengalami masalah kesehatan di tengah kemacetan dan jauh dari rest area.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek sebelumnya selalu mengingatkan pemudik khususnya pengemudi agar menyiapkan fisik yang sehat dan prima sebelum melakukan perjalanan.

Pengemudi disarankan tidak meminum obat yang menyebabkan kantuk, istirahat setiap empat jam perjalanan, konsumsi makanan dan minuman yang sehat, dan manfaatkan pos kesehatan bila sakit.

Kemenkes melalui Dinkes Kabupaten Karawang berupaya menjaga kesehatan pemudik dengan menyiapkan posko kesehatan, dua unit ambulans roda dua, dan dua ambulans roda empat.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017