Antrean arus balik Suramadu capai 2 kilometer

Minggu, 2 Juli 2017 20:58 WIB
4.045 Views
Antrean arus balik Suramadu capai 2 kilometer
Arus Balik Suramadu. Pengendara motor melintas di jembatan Suramadu, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Kamis (29/6/2017). Arus balik dari Madura di jembatan Suramadu diprediksi akan mengalami peningkatan pada hari Sabtu (1/7/2017) dan Minggu (2/7/2017). (ANTARA /Didik Suhartono) ()
Surabaya (ANTARA News) - Kendaraan roda dua dan roda empat dari arah Bangkalan menuju Surabaya, Jawa Timur, mengantre sepanjang 2 kilometer di pintu masuk Jembatan Surabaya - Madura (Suramadu), dalam puncak arus balik, Minggu malam, kata pejabat Gerbang Tol Suramadu.

Kepala Gerbang Tol Suramadu Mujiono saat dikonfirmasi di Surabaya memastikan hari ini adalah puncak arus balik Lebaran 2017 bagi warga Pulau Madura ke tempat asalnya untuk kembali beraktifitas.

"Gelombang arus balik dari arah Bangkalan menuju Surabaya di Jembatan Suramadu sudah mulai terlihat sejak pukul 06.00 pagi tadi," katanya.

Dia mencatat hingga pukul 14.00 WIB, jumlah kendaraan roda dua yang melintas dari arah Bangkalan menuju Surabaya di Jembatan Suramadu mencapai 12 ribu unit.

"Itu catatan dari petugas shift pertama, antara pukul 06.00 hingga 14.00 WIB, jumlah sepeda motor yang melintas dari arah Bangkalan menuju Surabaya sebanyak 12 ribu unit," katanya.

Untuk kendaraan roda empat, dia menjelaskan, petugas shift pertama mencatat sebanyak 6 ribu unit yang melintas dari arah Bangkalan menuju Surabaya.

"Saat ini catatan dari petugas shift kedua mulai pukul 14.00 WIB hingga malam nanti belum selesai, karena arus balik roda dua maupun roda empat sampai sekarang masih terus berlangsung," ujarnya.

Menurut dia sejak sore tadi kepadatan kendaraan roda dua dan empat arus balik di Jembatan Suramadu dari arah Bangkalan menuju Surabaya semakin meningkat.

Dia mengatakan antrean kendaraan sepeda motor dan mobil mencapai sepanjang 2 kilometer di pintu masuk Jembatan Suramadu sisi Bangkalan.

"Untuk antrean kendaraan roda dua bisa segera kami urai dengan membuka dua gate atau pintu masuk yang biasanya dikhususkan untuk mobil bagi sepeda motor," ucapnya.

Dua gate mobil bagi sepeda motor itu dibuka hanya 10 menit usai maghrib tadi. "Kami buka selama 10 menit bagi sepeda motor. Setelah itu kami khususkan untuk mobil lagi. Karena dengan dibuka selama 10 menit antrean sepeda motor langsung segera terurai," katanya.

Hingga berita ini ditulis, Mujiono mengatakan, antrean masih terjadi bagi kendaraan mobil di pintu masuk Jembatan Suramadu sisi Bangkalan sepanjang 2 kilometer.

Dia memprediksi total kendaraan roda dua yang melintas di Jembatan Suramadu pada puncak arus mudik malam ini akan mencapai sebanyak 25 ribu unit. "Sedangkan untuk roda empat kira-kira ada sebanyak 9 ribu unit. Itu prediksi kami terhitung dari shift kedua pukul 14.00 WIB," ucapnya.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Pemudik membanjiri pusat oleh-oleh tiwul dan gatot di Jalan Wonosari-Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memborong makanan khas wilayah ini. Meskipun ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...