Jakarta (ANTARA News) - Arus balik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, pada Senin atau H+7 Lebaran 2017 mulai sepi dan menurun dibanding hari sebelumnya.

"Jumlah penumpang yang tiba di Terminal Kalideres hingga pukul 13.00 hari ini sebanyak 3.919 penumpang dengan 195 bus," kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen, di Jakarta, Senin.

Revi mengatakan puncak arus balik pada Lebaran 2017 terjadi pada Minggu atau H+6, yang mana kedatangan bus mencapai 348 bus atau 6.467 orang.

"Puncak arus balik terjadi pada H+5 dan H+6. Untuk hari ini, sudah mulai sepi," kata dia.

Berkurangnya jumlah penumpang di Terminal Kalideres pada H+7, juga disebabkan karyawan dan PNS sudah mulai masuk kerja pada hari ini.

Revi menjelaskan sebagian besar penumpang datang pada dini hari atau sekitar pukul 02.30 WIB dini hari hingga pukul 10.00 WIB. "Kalau siang seperti saat ini, sudah mulai sepi," katanya.

Jika dibandingkan tahun lalu, lanjut dia, jumlah pemudik yang tiba di Terminal Kalideres lebih banyak karena pihaknya melakukan penertiban sejumlah terminal bayangan di wilayah Jakarta Barat.

Disinggung mengenai keamanan para pemudik di Terminal Kalideres, dia telah merazia preman pada puncak arus balik.

"Kami juga meminta pihak kepolisian membantu pengamanan Terminal Kalideres. Selain petugas berseragam, juga ada intel berpakaian preman untuk mengamankan pemudik pada arus balik," kata dia.

Pewarta: Indriani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017