Cara menteri perhubungan kurangi mudik bersepeda motor

Selasa, 4 Juli 2017 15:42 WIB
5.345 Views
Cara menteri perhubungan kurangi mudik bersepeda motor
Dokumentasi pemudik motor berhenti saat sistem buka tutup di jalur Pantura, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (10/7/2016). Pada H+4 pemudik motor dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta meningkat dibandingkan H+3. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan berencana mengajukan naskah UU tentang Angkutan Antarmoda untuk pemudik bersepeda motor. Dari sisi keselamatan jiwa pemakai, mudik bersepeda motor menyimpan hal lain. 

Menteri Perhubungan, Budi Sumadi, mengatakan, angkutan sepeda motor menjadi kendaraan favorit masyarakat saat kembali ke kampung halaman, karena di kampung halamannya tidak ada angkutan umum yang handal. 

Padahal selama di kampung, pemudik pasti pergi bersilaturahmi ke sana-sini rumah kerabatnya; apakah di desanya atau antar desa.

"Mudik Lebaran kali ini ada yang harus kami pikirkan bagaimana secara legal angkutan antarmoda yang sarat menjadi angkutan mudik itu harus dilandasi, dan kami sudah berkoordinasi dengan DPR untuk membuat UU tentang kegiatan antarmoda," kata Sumadi, di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, angkutan antarmoda yang saat ini sudah tersedia harus ditingkatkan dari segi konektivitasnya sehingga masyarakat dapat terhubung mulai dari jalan nasional, jalan provinsi dan jalan daerah.

Dalam UU yang diwacanakan Kementerian Perhubungan nanti itu, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota harus mempersiapkan angkutan-angkutan yang menuju dari lokasi kota besar hingga ke tingkat kecamatan, kelurahan, bahkan ke desa-desa sehingga penggunaan angkutan motor saat mudik Lebaran dapat dikurangi.

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Pemudik membanjiri pusat oleh-oleh tiwul dan gatot di Jalan Wonosari-Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memborong makanan khas wilayah ini. Meskipun ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...