Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menilai bahwa lalu lintas kendaraan mudik dan balik Lebaran tahun ini berjalan lancar dan baik, salah satunya karena kehadiran jalan tol darurat dan empat fly over yang efektif memecah kemacetan.

"Kehadiran tol darurat pada arus mudik Lebaran banyak memberikan manfaat kepada para pemudik terutama dalam memecah titik kemacetan akibat penumpukan kendaraan pemudik," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Kantor Kementerian PUPR Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Menurutnya, dalam evaluasi mudik Lebaran 2017, Kementerian PUPR bertanggungjawab dari segi penyiapan infrastruktur berupa sarana dan prasarana. Selain keberadaan tol darurat, Kementerian PUPR juga menyiapkan empat fly over yang sangat membantu dalam arus mudik kemarin.

Keempat fly over perlintasan kereta tersebut berada di Klonengan, Dermoleng, Kretek, dan Kesambi yang berada pada ruas jalan Tegal - Purwokerto yang menghubungkan jalur Pantura melalui lintas tengah menuju ke jalan lintas selatan Jawa.

Keberadaan fly over itu mempercepat waktu tempuh para pemudik. Jika biasanya waktu yang dibutuhkan adalah 14-16 jam untuk melintasi keempat perlintasan kereta, maka jika melalui fly over tersebut waktu tempuhnya lebih singkat hanya 5-6 jam saja.

Secara umum, tambahan fly over tersebut dan juga ruas tol darurat sepanjang 337 km di Pulau Jawa dan 65 km di Pulau Sumatera serta kondisi jalan nasional yang mantap membuat arus mudik tahun ini berjalan dengan sangat baik.

Setelah arus mudik Lebaran ini, Menteri PUPR mengaku akan merampungkan pengerjaan tol darurat tersebut sehingga pada musim mudik tahun depan sudah bisa digunakan dengan aman dan nyaman terutama untuk ruas Trans Jawa dari Brebes Timur hingga Gringsing sepanjang 110 km.

"Kita akan mulai mempercepat pengerjaan pada pekan depan, kita genjot lagi supaya tol darurat segera selesai, untuk mendukung mudik Lebaran 2018 sehingga pelaksanaanya lebih baik lagi," tandasnya

Selain itu, Menteri Basuki juga akan mengkaji rencana pembangunan jalan layang baru lainnya yang bertujuan memperlancar arus mudik pada tahun depan, diantaranya adalah jalan layang Nagreg dan Limbangan.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017