Tim hisab rukyat: Hilal dapat terlihat petang ini

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Petugas Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama Sulawesi Utara mengamati hilal ramadhan 1441 H di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (23/4/2020). ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/aww.
Jakarta (ANTARA) - Anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya mengatakan hilal atau bulan muda baru memungkinkan terlihat di berbagai tempat di Indonesia sehingga kemungkinan puasa tahun ini dimulai pada Jumat (24/6) sementara shalat tarawih diselenggarakan Kamis malam.

"Ada referensi bahwa hilal awal Ramadhan 1441 Hijriyah hari Kamis tanggal 23 April 2020 dapat teramati dari wilayah Indonesia," kata Cecep melalui paparan daringnya yang dipantau dari Jakarta, Kamis.

Dalam rangkaian sidang isbat itu dihadiri Menag Fachrul Razi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. Sidang juga diikuti perwakilan ormas melalui aplikasi daring.

Baca juga: Kemenag: Sidang Isbat Ramadhan diadakan melalui video konferensi
Baca juga: Pengamatan hilal Ramadhan oleh OAIL ITERA bisa diakses lewat medsos


Menurut Cecep, hilal awal Ramadhan tahun ini tergolong sudah cukup tua dengan umurnya sudah lebih delapan jam. Dengan begitu, hilal di Indonesia berada pada posisi signifikan untuk dilihat.

"Untuk di Pelabuhan Ratu, posisi hilal saat terbenamnya matahari pada posisi 3,72 derajat dengan umur bulan 8 jam 23 menit, 5 detik," katanya.

Cecep mengatakan hilal awal Ramadhan 1441H pada Kamis sudah memenuhi kriteria keterlihatan hilal yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura) dengan tinggi hilal minimal dua derajat, elongasi bulan ke Matahari minimal tiga derajat atau umur hilal minimal delapan jam.

Penghitungan astronomi atau hisab, sifatnya informatif sementara melihat hilal atau rukyat sifatnya konfirmatif. Penetapan atau isbat adalah penggabungan antara konfirmasi hasil rukyat dengan informasi hasil hisab yang tertera dalam Taqwim Standar Indonesia tahun 2020.

Baca juga: Sidang Isbat awal Ramadhan 1441 H digelar Kamis petang
Baca juga: Muhammadiyah tetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriah jatuh pada 24 April

Kilas NusAntara Malam

Pewarta:
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020