Polisi periksa bagasi kendaraan antisipasi penyelundupan penumpang

Foreign envoys wish Indonesian Muslims a happy, peaceful Eid al-Fitr
Petugas kepolisian memeriksa bak truk di Cek Poin Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa (28/4/2020) dini hari untuk memastikan tidak ada upaya penyelundupan penumpang ditengah larangan mudik terkait COVID-19. (ANTARA/HO-Polda Metro Jaya).
Jakarta (ANTARA) - Petugas lalu lintas di cek poin perbatasan wilayah Jakarta memeriksa bagasi kendaraan bus maupun truk untuk memastikan tidak terjadi penyelundupan penumpang di saat larangan mudik.

Seperti yang dilakukan oleh Direktur lantas Polda Metro Jaya AKBP Sambodo Purnomo Yogo beserta jajaran di checkpoint Tol Cikarang Barat, Selasa dini hari.

Petugas melakukan pengecekan terhadap truk yang melintas di sekitar pintu tol Cikarang guna mengantisipasi adanya penumpang gelap yang berada di dalam muatan truk.

Berdasarkan pengamatan melalui tayangan melalui  akun Twitter @TMCPoldaMetro, truk tersebut tampak dibalut terpal besar menutup seluruh bagian atap bak.

"Ada dua saja penumpang di sini (bak truk) saya ambil trukmu," ujar salah satu petugas polisi saat mengecek bagian dalam bak.

Namun tidak ditemukan penumpang, sehingga pengendara diperkenankan melintas.

Di lokasi terpisah Wadir Lantas Polda Metro Jaya AKBP Hari Purnomo melaksanakan pengaturan malam hari di checkpoint Tol Bitung Tangerang Selatan.

"Saya mengimbau kepada para pengemudi ataupun masyarakat pada umumnya agar tidak melaksanakan mudik ke kampung halaman untuk memutus rantai virus COVID-19," katanya.

Sejumlah kendaraan bertonase berat pun turut dihentikan oleh petugas untuk diperiksa kelengkapan izin serta tujuan berkendara.

Baca juga: Polsektro Tamansari gencarkan imbauan larangan mudik

Baca juga: Jalan Tol Jakarta-Cikampek ramai lancar di hari pertama larangan mudik

Baca juga: 1.181 kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek dipaksa putar balik


Kabag Bin Ops Dit Lantas Polda Metro Jaya AKBP Karosekali melakukan pemantauan malam hari di checkpoint Tol Cikarang Barat.

"Malam ini kami masih melakukan pemeriksaan dan penyekatan selama satu bulan ke depan," ujarnya.

Karosekali mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang tidak melaksanakan mudik Lebaran tahun ini.

Namun apabila masih ada yang berniat mudik, kata Karosekali, maka urungkanlah niatnya supaya Indonesia bisa terbebas dari wabah COVID-19.

Kakorlantas Polri tinjau kesiapan pos pemeriksaan COVID-19 di Solo

Pewarta:
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020