Memenuhi kebutuhan Ramadan, Blibli luncurkan fitur Hasanah

Foreign envoys wish Indonesian Muslims a happy, peaceful Eid al-Fitr
Contoh fitur Blibli Hasanah (ANTARA/Blibli)

Jakarta (ANTARA) - Memasuki bulan Ramadhan, platform belanja online Blibli meluncurkan fitur Blibli Hasanah yang akan mempermudah masyarakat dalam mencari berbagai kebutuhan harian yang amanah.

Kurasi yang dilakukan oleh Blibli ini dinilai dapat mempermudah dalam mencari berbagai kebutuhan harian yang amanah termasuk makanan, produk kesehatan dan kecantikan, mainan anak, zakat, paket perjalanan Umrah serta busana modest untuk pria maupun wanita.

Blibli meluncurkan kurasi ini karena melihat adanya tren peningkatan permintaan, khususnya dari generasi milenial, untuk produk-produk amanah.

"Kami baru meluncurkan kategori baru yang relevan dengan konsumen muslim. Ini menyajikan produk-produk dengan jaminan halal. Saat ini Blibli Hasanah masih di fase awal," ujar Executive Vice President (EVP) of Digital Products & Automotive Category Blibli, Lay Ridwan Gautama dalam virtual conference, Selasa.

Baca juga: Blibli gandeng Gerakan Masker untuk Indonesia tekan COVID-19

Baca juga: Ada di Blibli, Audi Q3 generasi dua masuk Indonesia seharga Rp777 juta


Lay mengatakan beberapa kategori yang ada di Blibli Hasanah diharuskan memiliki sertifikat halal dari MUI misalnya saja produk makanan.

"Makanan harus punya sertifikat halal tapi memang saat ini produk yang boleh dilisting di Blibli Hasamah memang yang ada di gudang kami saat ini," jelas Lay.

"Kemudian untuk pakaian atau produk umroh dan sebagainya karena tidak diharuskan oleh MUI untuk punya sertifikat halal, tidak diharuskan," lanjutnya.

Sementara itu, Blibli memprediksikan bahwa jumlah order akan bertumbuh tiga kali lipat pada Ramadhan tahun ini, sama seperti rata-rata pertumbuhan order di Ramadhan 2019 dan 2018.

Situasi COVID-19 saat Ramadhan akan mendorong permintaan terhadap produk-produk makanan dan minuman esensial, yaitu susu, obat herbal, minyak goreng, beras, dan bumbu dapur.

"Hal terbesar yang ingin kami capai di Ramadhan tahun ini adalah mengakselerasi transformasi digital di mana pelanggan, seller, dan pemerintah akan menjadikan e-commerce sebagai kanal ritel utama," ujar Executive Vice President (EVP) of Consumer Goods Category Blibli, Fransisca K. Nugraha.

Selama bulan April 2020, jumlah penjual meningkat 90 persen dari tahun ke tahun karena penjual harus memanfaatkan e-commerce untuk lanjut berjualan. Blibli pun mendukung keberlangsungan usaha para penjual dengan menyediakan fasilitas seperti Fufillment By Blibli (FBB), di mana Blibli menangani keseluruhan proses logistik, mulai dari warehousing hingga pengiriman, untuk membantu seller mengurangi biaya operasional.

Baca juga: Kementan gandeng Blibli kerja sama pasarkan beras dengan penggilingan

Baca juga: Blibli dan Samsung hadirkan layanan belanja dari rumah

Baca juga: Blibli sumbang Rp1 miliar kepada RSPAD Gatot Soebroto tangani COVID-19

Semarak turnamen Indonesia Open 2019 di Istora

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020