Sepak Bola Nasional

Bek Persija Alfath Faathier manfaatkan waktu dengan 'core training'

Ramadhan 2021: Istiqlal Mosque holds first tarawih prayers
Bek Persija Jakarta Alfath Faathier (tengah) menjawab pertanyaan para pewarta pada konferensi pers di kompleks Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (13/1/2020). ANTARA/A Rauf Andar Adipati/pri.
Jakarta (ANTARA) - Bek Persija Jakarta Alfath Faathier memanfaatkan waktunya di rumah selama bulan puasa dengan latihan otot inti (core training),.

"Saya melakukan core training karena latihan ini tidak membutuhkan banyak ruangan," ujar Alfath, dikutip dari laman resmi Persija di Jakarta, Rabu.

Menurut pemain berusia 23 tahun itu, mempraktikkan core training menjadi salah satu cara untuk menjaga fisiknya selama Liga 1 musim 2020 diliburkan sementara karena pandemi penyakit virus corona (COVID-19).

Tentang core training, Fakultas Kedokteran Universitas Harvard menyebut bahwa latihan itu melibatkan otot inti badan yaitu punggung, bagian samping, panggul serta pantat sebagai penghubung antara tubuh bagian atas dan bawah.

Latihan ini umum dilakukan untuk mengencangkan perut, memperkuat punggung dan meningkatkan keseimbangan. Salah satu latihan populer yang termasuk core training adalah plank.

Baca juga: Alfath Faathier bagikan tips olahraga ringan di rumah

Selain mengolah fisik, Alfath juga mengaku senang dengan permainan elektronik. Gim yang paling sering dilakukannya di waktu luang adalah sepak bola.

"Bisa bermain sendiri atau bermain 'online' dengan teman-teman pesepak bola lainnya," tutur pemain yang mencatatkan debut di tim nasional Indonesia pada tahun 2018 itu.

Alfath Faathier dan para pemain Liga 1 serta 2 Indonesia musim 2020 harus menjalani latihan serta puasa di tempat tinggal masing-masing karena kompetisi tengah diliburkan sementara akibat pandemi COVID-19 yang melanda Tanah Air.

Belum ada kepastian kapan liga akan kembali bergulir. Namun, jika pemerintah Indonesia memperpanjang masa tanggap darurat virus corona yang saat ini ditetapkan sampai 29 Mei 2020, PSSI memastikan Liga 1 dan 2 musim 2020 akan dihentikan.

COVID-19 juga membuat pemerintah mengimbau umat Muslim untuk melakukan semua kegiatan di rumah termasuk sholat tarawih selama bulan puasa. Masyarakat diharapkan selalu berada di rumah demi menekan penyebaran COVID-19. Pemerintah pun mengeluarkan larangan mudik pada bulan Ramadhan, atau masa puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Baca juga: Persija Jakarta hadirkan Alfath Faathier

Baca juga: Persija kumpulkan Rp310 juta dari kampanye 'Satu Hati Lawan Corona'

 

Persebaya juara Piala Gubernur Jatim

Pewarta:
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020