Jakarta (ANTARA News) - Presiden Pelestina, Mahmoud Abbas, berterima kasih kepada Indonesia yang telah memprakarsai Program Capacity Building NAASP (The New Asian-African Strategic Partnership).

Hal itu disampaikan Presiden Palestina kepada Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Departemen Luar Negeri, Dubes T.M. Hamzah Thayeb yang memimpin delegasi Indonesia pada Pertemuan Trilateral tindaklanjut KTM NAASP untuk Capacity Building for Palestine antara Indonesia, Afrika Selatan dan Palestina yang diselenggarakan di Amman, Yordania, pada 27 hingga 28 Juni 2009 lalu.

"Presiden Palestina menyampaikan ucapan terima kasih kepada negara-negara Asia-Afrika, khususnya Indonesia atas dukungan dan bantuannya kepada rakyat dan pemerintah Palestina selama ini," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri, Teuku Faizasyah. di Jakarta, Selasa.

Pada pertemuan itu, Presiden Palestina juga menyampaikan perlunya negara-negara membantu rekonstruksi di Gaza karena 50 persen bangunan dan infrastruktur di Gaza mengalami kerusakan parah sehingga masyarakat Gaza dirugikan dan kegiatan sehari-hari serta pelayanan terhadap warga Palestina sangat terganggu, katanya.

Sejak Konferensi Capacity Building for Palestine di Jakarta, 14 Juli 2008 lalu, 24 negara dari 56 peserta konferensi yang telah melaksanakan program pengembangan kapasitas bagi warga Palestina.

Khusus yang dilaksanakan Indonesia, program tersebut telah melibatkan hampir 100 warga Palestina hingga saat ini yang mencakup berbagai bidang antara lain pelatihan diplomatik, bisnis/UKM, perdagangan, perindustrian, pekerjaan umum, pemberdayaan perempuan, pendidikan, pertanian, hingga kepemudaan, termasuk pelatihan pelatihan `Mechanical (Piping) Engineering Drafting yang berlangsung pada 25 Mei 2009 lalu di Kantor Departemen Perindustrian, katanya.

Pertemuan Trilateral itu juga membahas berbagai kendala yang dihadapi yang kemudian akan merumuskan langkah-langkah konkret pemecahannya serta mulai mempersiapkan laporan Coordinating Unit yang akan disampaikan dalam NAASP SOM yang direncanakan berlangsung pada Oktober 2009 di Jakarta.

Disamping itu, juga dilakukan kunjungan ke fasilitas Asia-Middle East Dialogue Regional Vocational Training Center di Amman, Yordania, yang didirikan oleh Singapura dan Yordania pada Oktober 2007.

Kunjungan dimaksudkan untuk menjajaki kemungkinan pemanfaatan fasilitas untuk pelaksanaan sejumlah program Capacity Building bagi Palestina oleh Indonesia dan juga oleh negara-negara NAASP lainnya di masa mendatang," ujar Juru Bicara Deplu tersebut.

Pertemuan dengan Presiden Mahmoud Abbas dengan peserta Pertemuan Trilateral tersebut atas prakarsa Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Fariz Mehdawi, serta merefleksikan pentingnya NAASP Capacity Building for Palestine, program yang diprakarsai Indonesia.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009