Jakarta (ANTARA) - WhatsApp menghadirkan stiker Ramadhan di Indonesia yang bertujuan untuk membantu pengguna agar tetap terhubung satu sama lain secara lebih interaktif selama berada di rumah masing-masing.

Koleksi stiker edisi Ramadan yang dirilis di Indonesia untuk membangkitkan semangat Ramadhan ini merupakan hasil kolaborasi WhatsApp dengan ilustrator lokal Diela Maharanie, yang memiliki ciri khas ilustrasi cerah dan penuh warna, yang berbagai karyanya berupa ilustrasi, gambar, dan lukisan bordir telah tampil di sejumlah pameran di luar negeri.

"Selama pandemi COVID-19, orang-orang semakin aktif menggunakan WhatsApp untuk terhubung dengan keluarga dan teman lebih dari sebelumnya. Kami senang dapat bekerja sama dengan Diela Maharanie untuk menciptakan stiker spesial edisi Ramadhan untuk Indonesia," ujar Direktur Komunikasi, APAC, WhatsApp, Sravanthi Dev, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

"Kami berharap pengguna dapat menikmati penggunaan stiker ini agar tetap terhubung dengan orang yang mereka cintai dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan Idulfitri bersama dari rumah masing-masing," dia melanjutkan.

Stiker, menurut Sravanthi Dev, telah menjadi salah satu cara yang cepat untuk mengirim pesan dan mengekspresikan diri di mana setiap harinya ada miliaran stiker terkirim melalui WhatsApp.

Inisiatif ini merupakan kolaborasi WhatsApp untuk pertama kalinya dalam menciptakan stiker bertema Ramadhan di market Indonesia, menampilkan tradisi khas Ramadan yang lekat dengan masyarakat Indonesia untuk menghadirkan keseruan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Diela Maharanie, ilustrator yang merancang stiker mengungkapkan kegembiraannya atas kolaborasi spesial ini.

"Saya senang dapat berkolaborasi dengan WhatsApp dalam pembuatan stiker yang penuh warna ini dengan harapan dapat membangkitkan semangat Ramadan dalam periode social distancing (jaga jarak)," ujar Diela.

"Semoga stiker ini dapat menjadi sebuah alternatif untuk menghapuskan jarak selama berada di rumah dengan orang-orang terdekat, dan juga sebagai pengingat bahwa kita bersama-sama dalam menghadapi pandemi dan berharap situasi akan segera membaik," dia menambahkan.

Dengan stiker ini pengguna dapat mengekspresikan perasaan mereka yang sulit diungkapkan dengan kata-kata dengan cara yang menyenangkan dalam merayakan Ramadhan dengan keluarga maupun teman.

Mulai dari sapaan selamat berbuka puasa hingga sapaan selamat sahur dan Hari Raya Idul Fitri. Stiker ini dapat diunduh secara gratis di Google Play.

Setelah mengunduh dan menambahkan koleksi stiker ini ke dalam WhatsApp, Anda dapat menggunakannya dengan membuka chat individu maupun grup, lalu ketuk Emoji > Stiker.

Kemudian, cari dan ketuk stiker yang ingin Anda kirim. Jika Anda ingin melihat stiker yang baru saja Anda gunakan, Anda dapat mengetuk Terbaru, atau ketuk Favorit jika ingin melihat stiker favorit Anda.

Baca juga: WhatsApp nantinya bisa aktif di dua perangkat

Baca juga: Cara lakukan panggilan video 8 orang di WhatsApp

Baca juga: WhatsApp klaim penyebaran pesan viral semakin berkurang

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020