Ketersediaan pangan di Kepulauan Seribu untuk Ramadhan masih cukup

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Paket sembako Baznas Bazis sebelum di salurkan di Kepulauan Seribu, Senin (20/4/2020). ANTARA/HO-Baznas/am.
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu menyatakan ketersediaan pangan  selama bulan Ramadhan masih mencukupi.

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Riana Sumanthi di Jakarta, Jumat, mengatakan pihaknya telah melakukan pemantauan ketersediaan kebutuhan pokok selama Ramadhan di pulau-pulau yang dihuni masyarakat.

"Ketersediaan pangan masih aman di gudang JakGrosir Pulau Tidung Kecil, sebagai pusat layanan kebutuhan pangan bagi para pedagang," jelas Devi.

Baca juga: Bupati Kepulauan Seribu genjot kinerja gugus tugas COVID-19

Baca juga: Lalu lintas manusia diperketat di Kepulauan Seribu

Baca juga: Polri maksimalkan tugas Bhabinkamtibmas tangani COVID-19


Devi menyatakan hasil pantauan pekan ini, stok ketersediaan kebutuhan pokok di JakGrosir Pulau Tidung Kecil, terdiri dari beras dua ton, daging ayam empat ton dengan total stok keseluruhan kebutuhan meliputi mie instant, minyak dan lain-lain yang seluruhnya mencapai 10 ton.

"Jadi masih cukup aman, karena pasokan di JakGrosir rutin sepekan sekali dan distribusinya tidak putus setiap akhir pekan," kata Devi.

Untuk wilayah di luar Pulau Tidung dan sekitarnya seperti di Kepulauan Seribu Utara, disediakan gerai JakGrosir di setiap kelurahan yang melayani pedagang di kelurahan tersebut selama wabah pendemik COVID-19.

"Fasilitas ini sangat membantu mengatasi ketersediaan kebutuhan pangan di warung-warung, dan menjaga stabilitas harga pangan di pulau permukiman," jelas Devi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sejak Jumat, 10 April 2020 hingga 22 Mei 2020, sebagai upaya penanggulangan penyebaran wabah virus corona (COVID-19).

Sapi kurban Presiden dikirim ke Kepulauan SeribuĀ 

Pewarta:
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020