Jakarta (ANTARA) - Lima berita hukum yang menghiasi laman Antaranews pada Sabtu (9/5) masih menarik untuk dibaca hari ini, mulai dari 14 anak buah kapal Long Xing 629 diperiksa penyidik Bareskrim di RPTC Bambu Apus, Jakarta hingga polisi halau 35.945 kendaraan pemudik selama 15 hari pelaksanaan Operasi Ketupat.

1. 14 ABK Long Xing 629 diperiksa penyidik di RPTC Bambu Apus

Satgas TPPO Bareskrim Polri tengah memeriksa 14 WNI anak buah kapal (ABK) yang bekerja di Kapal Long Xing 629. Pemeriksaan dilakukan di Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC), Jakarta Timur.

Baca selengkapnya di sini

2. Bila bukti TPPO kuat Bareskrim koordinasi Interpol soal kasus ABK WNI

Bareskrim Polri akan bekerjasama dengan Interpol bila menemukan dugaan kuat tindak pidana perdagangan orang dalam penyelidikan menyusul viralnya video di situs berbagi Youtube mengenai kapal ikan berbendera China, Long Xing 629 yang melarung jenazah anak buah kapal (ABK) ke laut.

"Kami akan tentukan langkah-langkah selanjutnya, koordinasi dengan instansi terkait, termasuk kerja sama dengan Interpol bila ditemukan TPPO (tindak pidana perdagangan orang)," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo.

Baca selengkapnya di sini

3. Masyarakat diminta awasi kinerja jaksa dampingi pengalihan anggaran

Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin, mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi kinerja Kejaksaan dalam tugas pendampingan hukum pengalihan (refocusing) anggaran dalam rangka penanganan Covid-19. Ia mengatakan itu guna memastikan tidak terjadi penyimpangan, pengambilan kesempatan dan menyalahgunakan wewenang oleh Kejaksaan dalam tugas itu.

"Tidak hanya mengawasi, namun Kejaksaan juga siap diawasi. Sebagai bentuk pengawasan, untuk memastikan tidak adanya penyimpangan, pengambilan kesempatan dan keuntungan secara melawan hukum pada kegiatan pengamanan/ pendampingan refocusing anggaran, maka Kejaksaan telah meluncurkan aplikasi PROAdhyaksa yang dapat diunduh melalui Google Play atau melalui website proadhyaksa.kejaksaan.go.id," kata Burhanuddin.

Baca selengkapnya di sini

4. Boy Rafli lanjutkan program rencana strategis Kepala BNPT lama

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan akan melanjutkan program kerja yang telah direncanakan dan dijalankan selama kepemimpinan Komjen Pol Suhardi Alius dalam penanggulangan terorisme di Tanah Air.

"Dalam rangka kesinambungan perjalanan organisasi ini yang harus dilakukan ke depan adalah melanjutkan apa yang telah direncanakan selama masa kepemimpinan Pak Suhardi Alius," ujar Boy Rafli Amar.

Baca selengkapnya di sini

5. 15 hari Operasi Ketupat, polisi halau 35.945 kendaraan pemudik

Polri mencatat selama 15 hari pelaksanaan Operasi Ketupat 2020 sejak 24 April hingga 8 Mei 2020, telah menghalau sebanyak 35.945 kendaraan pemudik. Mereka diminta putar balik oleh petugas karena terindikasi kuat hendak melakukan perjalanan mudik.

"Total ranmor yang diputar balik selama 15 hari pelaksanaan operasi sebanyak 35.945 kendaraan," kata Kadiv Humas Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono.

Baca selengkapnya di sini
 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020