Pilates hingga zumba bisa jadi pilihan olahraga di rumah

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta (ANTARA) - Sederet jenis olahraga bisa menjadi pilihan Anda selama pandemi COVID-19 dan bulan Ramadhan ini seperti pilates, barre, HIIT, yoga, zumba, dan cardio dance, sekaligus menggantikan rutinitas yang biasa Anda lakukan di luar rumah.

"Pada saat berpuasa, olahraga ringan merupakan pilihan yang tepat karena tubuh hanya menggunakan cadangan glukosa dan karbohidrat. Olahraga jenis ini cocok karena berfokus pada pernafasan, postur, muscle strengthening, dan stretching. Selain itu, olahraga jenis ini juga menghindari terjadinya dehidrasi berlebih,” kata instruktur barre dan pilates, Marcya Nasution seperti dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin.

Menurut dia, bentuk olahraga kardio juga memacu jantung dengan baik sehingga meningkatkan metabolisme tubuh. Tentunya, hal ini harus dilakukan dengan intensitas yang tidak berlebihan dan frekuensi olahraga sebanyak 2-3 kali seminggu.

Baca juga: Syarat boleh beraktivitas fisik di luar rumah saat corona

Baca juga: Psikolog: Olahraga ringan sendiri di rumah tingkatkan kekebalan tubuh


Marcya mengatakan, waktu berolahraga yang tepat, saat sebelum berbuka puasa karena tubuh dapat segera mendapatkan pengganti cairan tubuh yang hilang ketika berbuka puasa.

“Yang harus dipahami adalah setiap kondisi tubuh itu berbeda, maka perlu untuk love and listen to your body (mencintai dan memahami kondisi tubuh). Selama di rumah, pastikan untuk melakukan aktivitas fisik secara seimbang, serta mencegah dehidrasi dengan memenuhi kebutuhan ion tubuh setiap harinya," kata dia,

Seiring pentingnya berolahraga salah satunya untuk memaksimalkan sistem imun tubuh, berbagai kampanye juga digalakkan, salah satunya #GetFitWithIsoplus, dalam bentuk live workout session, workout challenge, game challenge hingga weekly quiz yang bisa membuat kamu menjadi lebih fit.

Product Manager ISOPLUS, Firman Dwi Rachmawan, mengatakan kegiatan ini diadakan secara rutin pada setiap minggunya bersama instruktur terbaik pilihan selama bulan Mei dan Juni, serta pop up class yang menghadirkan instruktur tamu dengan tema menarik dan berbeda setiap minggunya.

Selain Marcya, kegiatan ini juga akan dipandu oleh instruktur berpengalaman dari Active Barn dan pelatihan terkait olahraga lari seperti dynamic stretching training dari komunitas lari independen Indorunners.

Baca juga: Olah raga yang disarankan saat puasa di tengah pandemi COVID-19

Baca juga: #dirumahaja, gerakan ringan ini jadi pengganti olahraga di gym

Baca juga: Warga Paris dilarang berolahraga di luar rumah

Siasati olahraga di rumah saat puasa

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020