Lima aplikasi pilihan untuk video call saat Lebaran

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta (ANTARA) - Sejak pandemi virus corona melanda Indonesia, masyarakat harus beradaptasi dengan cara baru menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk untuk Hari Raya Idul Fitri.

Hari raya tahun ini diwarnai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), masyarakat dianjurkan tidak pulang kampung maupun berkegiatan di luar rumah jika tidak ada keperluan penting.

Idul Fitri di Indonesia identik dengan berkumpul bersama keluarga dan berkunjung ke rumah kerabat atau teman untuk mempererat persaudaraan. Pertemuan Lebaran tahun ini, demi menjaga kesehatan, bisa dilakukan secara virtual dengan aplikasi berikut ini yang menunjang panggilan video.

Baca juga: Tips berlebaran lewat konferensi video

Baca juga: Hal sederhana agar Idul Fitri di rumah tetap seru


1. WhatsApp
Aplikasi pesan instan ini sangat populer di Indonesia, banyak pengguna ponsel yang familiar dengan aplikasi ini. Setelah popularitas panggilan video selama pandemi, WhatsApp menambah kapasitas peserta menjadi delapan orang, dari yang sebelumnya hanya empat orang.

Fitur panggilan video tersedia untuk platform iOS maupun Android, sementara versi desktop belum mendukung layanan tersebut.

2. Skype
Skype, buatan Microsoft, merupakan salah satu platform panggilan video yang sudah lama aktif.

Aplikasi ini tersedia untuk desktop maupun perangkat mobile, mendukung hingga 50 peserta.

3. Zoom
Aplikasi ini sedang populer di berbagai negara, termasuk Indonesia, meski pun beberapa pakar mempertanyakan keamanan data platform ini.

Baca juga: Zoom klarifikasi soal jumlah pengguna aktif harian, bukan 300 juta

Baca juga: India nyatakan Zoom tidak aman


Zoom, yang semula digunakan untuk pertemuan bisnis, menyediakan akses panggilan video selama 40 menit untuk akun gratis, yang tidak dikenakan biaya berlangganan. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat mobile maupun komputer, dapat menampung hingga lebih dari 100 peserta dalam satu panggilan.

4. Google Duo dan Hangouts
Google menawarkan dua aplikasi untuk panggilan video, masing-masing adalah Duo dan Hangouts. Kedua aplikasi tersebut tersedia dalam versi perangkat mobile maupun desktop.

Google Duo dapat menjadi pilihan jika peserta tidak lebih dari 12 orang. Sementara Hangouts, lewat Hangouts Meet memiliki kapasitas yang lebih besar.

5. Facebook Messenger
Aplikasi Messenger, yang terpisah dari media sosial Facebook, menyediakan fitur panggilan video grup, baik untuk desktop maupun perangkat seluler mobile.

Aplikasi ini cocok digunakan apabila semua orang yang ingin dihubungi memiliki akun Facebook.

Baca juga: Messenger Rooms sudah tersedia, begini cara pakainya

Baca juga: WhatsApp bakal bisa untuk video call 50 orang

Baca juga: LINE tambah kapasitas panggilan video hingga 200 orang

 

"Vicado", Layanan lepas rindu narapidana dengan keluarga

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020