... ada peningkatan, kalau kita lihatnya sepanjang Mei saja. Yang terbanyak itu pada Rabu (20/5), atau H-4 Lebaran...
Bandung (ANTARA) - Menjelang Lebaran kali ini, Kantor Gerbang Tol (GT) Cileunyi mencatat ada peningkatan jumlah kendaraan melintas di sana dan tercatat jumlah terbanyak pada Rabu (20/5) alias H-4 Lebaran.

Supervisor GT Cileunyi, Elin Muliawati, mengatakan, mereka mencatat ada 18.857 kendaraan yang keluar dari tol Purbaleunyi di GT Cileunyi. Angka sebanyak itu, kata dia, merupakan yang terbanyak sejak H-7 lebaran, bahkan sejauh ini merupakan yang paling banyak pada Mei 2020.

"Pada hari itu yang ada peningkatan, kalau kita lihatnya sepanjang Mei saja. Yang terbanyak itu pada Rabu (20/5), atau H-4 Lebaran," kata dia, di Kantor GT Cileunyi, Jumat.

Baca juga: Jalan Tol Cipali lengang tiga hari jelang lebaran

Menurut Muliawati menjelang Idul Fitri tahun lalu, rata-rata kendaraan yang melintas di GT Cileunyi sebanyak 40.000 kendaraan. Maka pada tahun ini dia memperkirakan kendaraan yang melintas menurun sekitar 60 persen.

Selain itu, pada hari-hari biasanya tanpa adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), jumlah kendaraan yang melintas rata-rata sebanyak 31.000 kendaraan. Namun apabila melihat catatan selama bulan Mei, menurutnya ada peningkatan kendaraan menjelang Idul Fitri atau Lebaran 2020.

"Kita melihat fluktuasi di bulan Mei, kalau lalu lintas Cileunyi itu khan tidak jauh perbedaannya, biasanya perbedaannya sekitar 700 kendaraan, atau dalam kondisi normal saja perbedaan keluar masuk hanya 1.000," katanya.

Baca juga: Arus kendaraan di jalur selatan Jateng pada H-3 Lebaran landai

Elin mengatakan, menjelang Idul Fitri ini ada 15 gardu yang beroperasi di GT Cileunyi, terdiri dari delapan gardu untuk keluar tol, sedangkan tujuh gardu untuk masuk ke tol Purbaleunyi.

"Karena ada operasi (penyekatan), jadi beberapa gerbang ditutup. Kami kooperatif dengan para petugas PSBB," kata dia.

Baca juga: 82.971 kendaraan tinggalkan Jakarta lewat Tol Jakarta-Cikampek

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020