Dubes Singapura beri ucapan selamat hari raya ke Muslim di Indonesia

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar (kanan) dalam diskusi Diplomatic Forum yang digelar RRI di Jakarta, Rabu (19/2/2020). (ANTARA/Suwanti)
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Nayar memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh Muslim di tanah air pada akhir bulan suci Ramadhan, Jumat, lewat tayangan video yang diunggah oleh Kedutaan Besar Singapura di Jakarta.

Dalam ucapannya itu, Dubes Nayar berharap masyarakat Muslim Indonesia dapat tetap menikmati perayaan Idul Fitri di tengah situasi pandemi.

"Adapun teman-teman Muslim kami di Indonesia yang merayakan Idul Fitri di tengah situasi yang menantang ini, saya harap kalian tetap menikmati Lebaran yang penuh berkah dengan keluarga tercinta," kata Dubes Nayar.

Ia berpendapat masyarakat Muslim di Indonesia dan Singapura telah menunjukkan semangat Idul Fitri yang sebenarnya selama pandemi, yaitu belas kasih dan kebaikan.

Baca juga: Wapres Ma'ruf terima ucapan Idul Fitri dari Wakil PM Singapura
Baca juga: Dubes: Lebaran momentum diaspora Indonesia pererat persaudaraan


"Rasa kebersamaan yang dalam inilah yang akan membantu negara kita bangkit dari krisis, bersama dan kuat," ujar dia.

Dalam video berdurasi dua menit itu, sejumlah staf Kedutaan Besar Singapura di Jakarta turut memberikan ucapan selamat hari raya serta menampilkan sosok Ruzaini Syazwan. Ia merupakan seorang pelajar yang meluangkan waktunya untuk mengantar makanan sahur dan berbuka untuk keluarga Muslim yang membutuhkan selama Ramadhan di Singapura.

Usaha Syazwan itu dilakukan lewat gerakan Umbrella Initiative yang beranggotakan sejumlah pelajar di Singapura.

"Pada pukul 2:30 pagi, tiap harinya Syazwan akan mulai mengirimkan makanan sahur kepada keluarga Muslim yang membutuhkan dan setelah kelas selesai pada jam 5:00 sore, ia kembali keluar untuk mengantar makanan buka puasa," demikian isi video itu sebagaimana dinarasikan oleh dua sekretaris pertama bidang politik Kedutaan Singapura di Jakarta, Janson Chang dan Khairul Azman.

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran diperingati setelah puasa selama kurang lebih satu bulan penuh selama Ramadhan. Pemerintah Indonesia menetapkan Idul Fitri akan diperingati umat Islam di Indonesia pada Minggu (24/5). Untuk perayaan pada tahun ini, pemerintah telah mengingatkan Muslim di tanah air untuk tidak menggelar shalat Idul Fitri secara berjamaah, baik di dalam masjid, musala, atau lapangan; serta menunda kegiatan berkumpul dan mengunjungi kerabat, guna menekan angka penularan COVID-19 di Indonesia.

Baca juga: Peringati kemerdekaan ke-50, Kedubes Singapura gelar aksi amal adopsi anjing
Baca juga: Temui Menperin, Singapura mantapkan revitalisasi kawasan industri

Pasca temuan kasus Corona, RS Mitra Keluarga Depok terpantau normal

Pewarta:
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020