Total hari ini ada 31 titik penyemprotan disinfektan dilaksanakan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Jakarta Selatan (Jaksel) mengevakuasi mobil terperosok hingga penyemprotan disinfektan pencegahan COVID-19 guna menghadapi era normal baru.

"Sebuah mobil minibus terperosok pukul 15.00 WIB di Kelurahan Jati Padang, Pasar Minggu, diduga pengemudi kelelahan," kata Kepala Regu Grup B Sektor IX Pasar Minggu, Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Selatan, Ardiansyah, di Jakarta, Sabtu.

Sebuah minibus bernomor polisi B 1706 EKF dikemudikan oleh Glen (51) melaju dari arah Jalan Raya Ragunan menuju Pasar Minggu.

Saat mengemudi, diduga supir mengantuk hingga lepas kendali dan naik ke atas trotoar.

"Petugas Kelurahan Jati Padang melapor kepada Damkar minta untuk dilakukan evakuasi," kata Ardiansyah.

Sebanyak empat petugas evakuasi dikerahkan ke lokasi, penanganan menggunakan peralatan lengkap pendukungnya.

"Kendaraan berhasil dievakuasi pukul 15.00 WIB dan tidak ada korban jiwa," kata Ardiansyah.
Petugas Damkar Jakarta Selatan melakukan penyemprotan disinfektan di ruas jalan protokol wilayah Jakarta Selatan, untuk mencegah penyebaran virus corona penyebab COVID-19, Sabtu (30/5/2020) (ANTARA/HO-Damkar Jakarta Selatan)

Di hari yang sama petugas Damkar Jakarta Selatan juga melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum seperti masjid, sekolah hingga jalan protokol.

"Total hari ini ada 31 titik penyemprotan disinfektan dilaksanakan," kata Kepala Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, Helbert Plinder Luan.

Helbert mengatakan Damkar Jakarta Selatan kembali mendapat tugas melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum, fasilitas sosial, rumah ibadah dan jalan-jalan lingkungan.

Penyemprotan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona jenis baru penyebab COVID-19 di wilayah Jakarta Selatan menghadapi era normal baru di tengah pandemi COVID-19.

Pelaksanaan penyemprotan tahap II ini dilaksanakan oleh Damkar berkoordinasi dengan kelurahan dan jajaran terkait pengawalan untuk disinfektan di jalan protokol dan lingkungan.

Pada tahap pertama penyemprotan disinfektan dilakukan oleh Damkar dimulai dari tanggal 14 Maret 2020, total wilayah sudah disemprot sebanyak 429 titik dan pada April sebanyak 59 titik.

"April kita tidak penuh lakukan penyemprotan karena fokus imbauan pencegahan kebakaran dan PSBB," katanya.

Baca juga: Damkar Jaksel evakuasi ponsel tercebur hingga padamkan kebakaran
Baca juga: Kabel optik internet di Jaksel terbakar

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020