Riza sebut rumah tetap tempat terbaik beribadah selama Ramadhan

Eid offers momentum to exercise self-control to prevent COVID-19
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat ditemui di SMKN 2 Gambir Jakarta Pusat, Rabu. ANTARA/Mentari Dwi Gayati.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menilai beribadah di masjid memang sudah diizinkan, namun rumah tetap menjadi tempat terbaik untuk beribadah selama Ramadhan karena kondisi masih pandemi COVID-19.

"Beribadah sangat baik, apalagi di bulan suci Ramadhan, tapi di masa pandemi ini beribadah di rumah tidak mengurangi makna daripada Ramadhan itu sendiri," kata Riza saat ditemui di SMKN 2 Gambir Jakarta Pusat, Rabu.

Riza menjelaskan bahwa kegiatan seminar, lokakarya, resepsi perkawinan, bahkan buka puasa bersama di tempat umum sudah diizinkan, namun protokol kesehatan seperti kapasitas dan jam operasional tetap dibatasi.

Hal itu juga berlaku dengan ibadah Shalat Tarawih di masjid umum, menyusul dengan izin yang diberikan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy terkait ibadah Tarawih dan Idul Fitri di luar rumah.

Baca juga: Masjid Istiqlal hanya tampung 2.000 jamaah untuk Shalat Tarawih

Namun demikian, Pemprov DKI Jakarta mengimbau agar masyarakat, terutama anak-anak di bawah 9 tahun dan lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun tetap berada di rumah.

"Kegiatan beribadah juga boleh, tapi sekali lagi tetap melaksanakan protokol kesehatan. Seperti yang kami sampaikan, masa pandemi ini tetap terbaik adalah berada di rumah," kata dia.

Sebelumnya, Menko PMK Muhadjir Effendy menyatakan pemerintah memperkenankan masyarakat beribadah Tarawih Ramadhan dan Idul Fitri di luar rumah dengan menerapkan dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk ibadah Tarawih, jamaah harus terbatas pada lingkup komunitas dengan jamaah saling mengenal satu sama lain.

Baca juga: DKI Jakarta izinkan shalat tarawih di masjid

Puasa pertama, harga bahan pokok di Jakarta fluktuatif

Pewarta:
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021