Menu Ramadhan - Cheesecake Ala New York

Foreign envoys wish Indonesian Muslims a happy, peaceful Eid al-Fitr
Cheesecake ala New York. ANTARA/Skippy.
Jakarta (ANTARA) - Selai kacang bukan lagi menjadi makanan yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Dengan rasa yang gurih dan sedikit manis, selai kacang banyak digunakan untuk olahan roti lapis saat sarapan. Nyatanya, selai kacang juga dapat diolah menjadi berbagai makanan, mulai dari kudapan hingga makanan berat.

Ingin mencobanya? Anda pun bisa mempraktikkan resep selai kacang yang cocok untuk dinikmati di waktu berbuka puasa selama bulan Ramadhan. Simak resepnya di bawah ini, seperti dikutip dari keterangan resmi Skippy, Minggu.

Cheesecake Ala New York berlapis kacang (12 porsi)

Buat Anda pencinta cheesecake dan ingin menikmatinya di waktu berbuka, Anda bisa membuat cheesecake lebih spesial dengan sentuhan lapisan luar kacang. Untuk menambahkan lapisan luarnya, tambahkan remahan Graham cracker, selai kacang, dan telur.

Sebelum menuangkan adonan cheesecake ke dalam loyang, tekan adonan lapisan luar tadi di bagian bawah dan samping loyang. Lalu, panggang selama 1 jam. Sebelum dimakan, jangan lupa simpan dulu di kulkas selama 3 jam.

Bahan:
180g remah-remah Cracker Graham
192 gram selai kacang
250 gram gula
4 telur berukuran besar
678 gram keju krim, dihaluskan
240 gram krim asam (sour cream)
15 ml ekstrak vanili

Cara:
1. Panaskan oven hingga 325°F/165°C. Untuk membuat lapisan luar (crust), dalam mangkuk, aduk bersamaan dengan remah-remah graham Cracker, 1/2 cangkir (128g) peanut butter, 1/4 cangkir (50g) gula dan 1 telur dengan mixer listrik hingga halus.

2. Tekan lapisan luar (crust) secara merata ke bagian bawah dan 2.5 cm di sisi loyang berdiameter yang 25-cm.

3. Dalam mangkuk, aduk bersamaan keju krim, sisa 1 cangkir (200g) gula, krim asam (sour cream) dan vanili dengan mixer listrik hingga halus. Tambahkan sisa 3 telur, satu per satu, mengaduk hingga mengembang. Tuangkan ke dalam ke dalam lapisan luar.

4. Panggang cheesecake 1 jam atau hingga bagian tengahnya hampir mengeras. Dinginkan di atas rak kawat selama 1 jam. Masukkan ke kulkas selama 3 jam atau semalaman.

5. Cairkan sisa 1/4 cangkir (64g) peanut butter; teteskan di atas cheesecake tepat sebelum menghidangkan.

Baca juga: Menu Ramadhan - Breakfast Bites untuk sahur praktis

Baca juga: Resep berbuka puasa: peanut butter BBQ chicken melt

Baca juga: "Date Balls", ide sajian kurma untuk buka puasa

BPOM imbau penggunaan deksametason harus dengan resep dokter

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021