Raih sertifikat CHSE, TSI Cisarua gelar Ramadhan di Kampung Karavan

Foreign envoys wish Indonesian Muslims a happy, peaceful Eid al-Fitr
Suasana berbuka puasa dalam program Ramadhan di Kampung Karavan, di objek wisata nasional Taman Safari Indonesia, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/4/2021). ANTARA/HO-Humas TSI Bogor.
Cisarua, Bogor (ANTARA) - Objek wisata nasional Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar program Ramadhan di Kampung Karavan, yang diadakan sepanjang Ramadhan 1442 Hijriah dengan bekal sertifikat Clean, Health, Safety and Environment (CHSE) dari Kemenparekraf.

"Selain tetap menjalankan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat, Taman Safari Indonesia Cisarua, Bogor juga telah mendapat sertifikat CHSE oleh Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sehingga dilaksanakan program Ramadhan di Kampung Karavan ini," kata Direktur TSI Cisarua, Tony Sumampau di Bogor, Minggu.

Kemenparekraf menyatakan sertifikasi CHSE adalah proses pemberian sertifikat kepada Usaha Pariwisata, Destinasi Pariwisata, dan Produk Pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan.

Dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19 dan sertifikat CHSE dari Kemenparekraf tersebut, kata Tony Sumampu, bagi masyarakat luas yang berkeinginan merasakan program kegiatan Ramadhan 1442 Hijriah di TSI Cisarua, dapat merasakan suasana yang nyaman dan maksimal bisa menjaga kesehatan dari potensi dan risiko akibat pandemi.

"Tentu, kami terus mengikuti arahan dan petunjuk dari pihak berwenang dalam soal prokes COVID-19 dan semacamnya, yang bertujuan untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan," katanya.

Sementara itu Manajer Hotel Safari Lodges, Nandang menjelaskan, sudah hampir sepekan ini memasuki bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah merupakan momentum dalam menjalin kebersamaan bersama keluarga saat melakukan ibadah bersama, melakukan "ngabuburit" menjelang berbuka puasa, maupun sahur bersama.

Karena itu, berbagai program menarik telah disiapkan oleh manajemen TSI Cisarua, termasuk Ramadhan di Kampung Karavan itu.

"Program Ramadhan di Kampung Karavan ini menyesuaikan dengan situasi pandemik COVID-19 saat ini, buka puasanya pun menggunakan rantangan, dengan menu masakan Indonesia asli," katanya.

Ia memastikan bagi yang ingin merasakan sesuatu yang berbeda, berbuka puasa bersama keluarga di alam terbuka yang asri, maka bisa mencoba Ramadhan di kampung karavan.

Menurut dia ada delapan unit penginapan karavan yang disulap untuk dijadikan tempat berbuka puasa .

Pengunjung bisa menikmati buka puasa di teras karavan dengan latar belakang arsitektur karavan itu sendiri.

Program buka puasa ini mulai diadakan pada 13 April hingga 12 Mei 2021.

Bagi yang akan berbuka puasa, kata dia, per orang cukup menyiapkan anggaran Rp98 ribu, sedangkan bagi yang melakukan pemesanan hingga 10 orang, maka akan mendapatkan free untuk satu orangnya.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, pengunjung pun bisa menikmati sepeda air, memberi makan satwa kelinci maupun pelican.

Sementara itu, juga diadakan program paket bermalam selama Ramadhan dengan fasilitas kamar, buka puasa untuk dua orang, sahur, serta menikmati dua fasilitas pilihan, memberi pakan pelican, menikmati perahu air, atau memberikan makan kelinci, demikian Nandang.

Baca juga: Taman Safari sediakan ngabuburit tunggangi kuda poni

Baca juga: Antisipasi COVID-19, Taman Safari Indonesia lakukan langkah preventif

Baca juga: Protokol kesehatan di tengah mulai pulihnya geliat wisata

Baca juga: Orang utan di Bogor lahir saat Lebaran diberi nama "Fitri"

 

Ridwan Kamil minta warga Jakarta tidak ke Taman Safari dulu

Pewarta:
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021