Mukena berbahan organik, tren Ramadhan 2021

Foreign envoys wish Indonesian Muslims a happy, peaceful Eid al-Fitr
Ilustrasi - Koleksi mukena Nabawi Series dari Zayana. ANTARA/HO.

Jakarta (ANTARA) - Setiap bulan Ramadhan senantiasa lahir tren fesyen baik dalam busana muslim hingga mukena.

Tahun ini, industri fesyen sepertinya lebih memperhatikan aspek kelestarian lingkungan termasuk dalam tren mukena.

CEO brand fesyen muslim Zayana, Tommy Surya Teja, dalam siaran pers pada Sabtu menyebutkan bahan organik kini diminati karena membuat mukena karena terasa lebih adem dan nyaman.

"Seluruh produk Zayana menggunakan bahan kain organik yang terbuat dari serat alami. Pemilihan bahan ini tentunya lebih ramah lingkungan dan ramah untuk diri sendiri juga kesehatan kita," kata Tommy.

Zayana menggunakan bahan Viscose EcoVoile yang terbuat dari 100 persen rayon organik dalam setiap mukenanya.

"Jika bahan polyester yang biasa digunakan produk oleh brand lain terasa panas dan menyebabkan bau, ini tidak berlaku di produk Zayana Organic. Bahan ini memiliki kecenderungan melepas hawa panas sehingga tidak terperangkap dan menyebabkan badan berkeringat. Serat alaminya juga efektif mencegah pertumbuhan bakteri yang menimbulkan bau," kata Tommy.

Baca juga: Mukena polos ala Ria Miranda untuk Lebaran

Nabawi Series
Baru-baru ini Zayana merilis produk terbaru, Nabawi Series.

"Ide daripada koleksi Nabawi Series bersumber dari pesona Masjid Nabawi di Madinah, yang keindahannya dipuja-puja karena dibuat langsung oleh Rasulullah SAW ketika pertama kali hijrah dari Makah ke Madinah. Seiring berjalannya waktu, Masjid Nabawi sendiri telah mengalami beberapa renovasi yang tak hanya besar dan megah, namun sarat akan keindahan seni budaya Arab," kata Tommy.

Lewat koleksi Nabawi Series, Zayana berharap dapat membawa penggunanya kembali fitrah di bulan suci Ramadan 2021.

"Tak hanya itu, kami pun ingin mengajak pengguna Nabawi Series untuk merasakan pesona Masjid Nabawi sebagai masjid kedua terbesar di tanah suci," ujar Tommy.

Sama seperti produk Zayana lainnya, Nabawi Series pun menggunakan bahan organik yakni Viscose Eco Voile. Dalam proses pembuatannya, bahan tersebut ditenun dari serat alami, ditanam tanpa menggunakan pupuk kimiawi, pestisida, dan bahan berbahaya lainnya.

"Kain kemudian dicetak secara digital di Zalmon Fabric menggunakan tinta yang sudah tersertifikasi OEKO-TEX. Kain yang sudah menjadi mukena Nabawi Series ini juga dikemas menggunakan packaging tanpa kandungan plastik, sehingga menjamin prosesnya ramah lingkungan sampai ke tangan konsumen," ujarnya.

Nabawi Series hadir dalam desain eksklusif dengan tiga pilihan warna dengan filosofinya masing-masing.

Yang pertama adalah warna hijau, yang dinamai Khalifah, karena terinspirasi dari perjuangan sahabat Rasulullah dalam memperjuangkan Islam. Dalam desainnya, perjuangan Khalifah direfleksikan pada corak ukiran geometri.

Selanjutnya adalah mukena warna coklat yang dinamai Raudhah, yang bermakna taman dari surga.

Yang terakhir ialah mukena warna abu yang dinamai hijrah. Mukena satu ini diharapkan dapat membantu penggunanya untuk menjadi pribadi yang lebih baik, kembali suci, dan bisa meraih kemenangan yang seutuhnya.

Sejak didirikan pada 2018 hingga kini, Zayana telah merilis sekitar 60 koleksi yang terdiri dari hijab, fesyen, hingga mukena.

Baca juga: Mukena jumputan khas Palembang jadi tren Ramadhan

Baca juga: Seberapa sering sarung, mukena dan sajadah harus dicuci saat Ramadhan?

Baca juga: Siti Khadijah rilis koleksi baru, Eshal dan Saira

Pemerintah usulkan buat distrik fesyen busana muslim

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021