Jelang Lebaran, produk fesyen paling laku di e-commerce

Foreign envoys wish Indonesian Muslims a happy, peaceful Eid al-Fitr
Ilustrasi Lazada (ANTARA/HO)
Jakarta (ANTARA) - Beberapa hari menjelang Hari Raya Lebaran, produk fesyen menjadi yang paling laku di e-commerce Lazada.

"Ada tiga kategori yang paling banyak diminati yakni fesyen yang masih jadi destinasi utama para konsumen, utamanya baju-baju muslim dan peralatan ibadah seperti mukena dan hijab," kata Ferry Kusnowo, Chief Customer Officer, Lazada Indonesia di Jakarta pada Kamis.

Selain itu, penjualan elektronik juga masih jadi primadona. "Bukan cuma device dan elektronik ya tapi juga aksesoris produk elektronik kini jadi incaran konsumen," katanya.

Kemudian produk-produk kesehatan dan kecantikan juga jadi buruan konsumen di saat pandemi seperti saat ini.

Baca juga: Lazada siap dukung Hari Belanja Buatan Indonesia 2021

Baca juga: Ragam promo yang hadir di Hari Bangga Buatan Indonesia 2021


Ferry mengatakan, produk-produk tersebut sejalan dengan studi yang dilakukan Lazada terkait perilaku konsumen di tahun kedua pandemi COVID-19.

"Ada perubahan perilaku orang belanja di masa pandemi tahun ini. Pertama belanja online itu sudah jadi kebiasaan orang kita banget karena memang keadaan sudah penat jadi belanja online sudah seperti rekreasi," katanya.

Studi Lazada mengungkap masyarakat Indonesia mengalami tiga kecemasan mendasar memasuki tahun kedua pandemi yang disebut anxiety trinity.

"Masyarakat cemas soal kesehatan, mobilitas dan keuangan. Jadi orang-orang cenderung membeli produk yang bisa mengatasi ketiga kecemasan itu," kata Ferry.

Kecemasan kesehatan membuat orang belanja produk-produk yang bisa memberi rasa aman seperti masker, vitamin dan lain-lain.

"Kecemasan soal mobilitas, mereka jadi suka belanja elektronik dan yang terkait hobi misalnya otomotif, gardening atau barang-barang dekoratif keperluan rumah tangga."

Untuk anxiety keuangan, produk-produk promosi Lazada seperti cashback, bonus dadakan dan gratis ongkos kirim menjadi incaran konsumen.

Per hari ini sejak kampanye promosi Ramadhan digelar, jumlah pembeli di Lazada sudah tercatat meningkat 100 persen dibanding tahun sebelumnya.

Salah satu kampanye yang digaungkan Lazada adalah mengangkat teman "Lazada Meaningful Gifting" di mana e-commerce mendorong orang-orang untuk tetap bersilaturahmi dengan saling mengirimi hadiah yang bisa dipesan lewat e-commerce.

"Meaningful Gifting artinya hadiah yang berarti. Jadi Lazada mempersiapkan berbagai pilihan produk berkualitas serta ide dan inspirasi hadiah yang digabungkan dengan promo-promo menarik. Semua bisa dinikmati di bulan Ramadhan kali ini melalui program "Meaningful Gifting"."

Dalam rangkaian program tersebut, Lazada memberikan Bonus Dadakan bagi konsumen yang berbelanja di Lazada serta gratis ongkir, yang bisa digunakan kapanpun, dengan metode pembayaran apa saja.

Baca juga: Lazada luncurkan kanal baru untuk produk kebutuhan Muslim

Baca juga: Hindari lima kesalahan ini saat berbisnis di e-commerce

Baca juga: Lion Parcel perkuat sistem pengiriman Lazada

Performa dua lipa rebut hati ribuan penonton

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021