Tiga aplikasi untuk membuat kartu Lebaran

Eid offers momentum to exercise self-control to prevent COVID-19
Sejumlah aplikasi Kartu Ucapan Lebaran pada Google Play Store. ANTARA/Arindra Meodia.
Jakarta (ANTARA) - Kartu Lebaran digital bisa menjadi salah satu cara untuk bersilaturahmi secara virtual saat hari raya tahun ini.

Seperti tahun lalu, larangan mudik juga berlaku untuk Idul Fitri tahun ini. Maka itu, mengirim pesan Lebaran melalui aplikasi pesan singkat akan membantu berkomunikasi dengan keluarga atau teman yang tidak bisa ditemui langsung.

Agar tidak monoton, gunakan aplikasi ini untuk membuat kartu Lebaran digital di ponsel. Sebelum memasang aplikasi, ada baiknya cermati izin apa saja yang diminta dan apakah akses tersebut sesuai dengan fungsi aplikasi.

Baca juga: Kartu Lebaran masih jadi pilihan ucapan selamat

1. Canva 

Aplikasi ini menjadi andalan untuk membuat kartu digital, termasuk untuk kartu Lebaran. Setelah memasang aplikasi dan login, cari templat kartu Lebaran dengan mengetik kata kunci seperti "Eid Al Fitr" dan "Idul Fitri".

Pilih gambar yang diinginkan, tambahkan teks atau gambar lain yang diinginkan. Simpan kartu yang selesai dibuat, kemudian bagikan ke keluarga dan teman melalui aplikasi pesan instan.

2. PicsArt

Aplikasi menyunting gambar PicsArt cukup mudah digunakan, termasuk untuk membuat kartu Lebaran. Pengguna bisa memilih templat yang tersedia di PicsArt atau berkreasi membuat gambar sendiri dengan memasukkan berbagai objek ke kertas gambar virtual.

PicsArt menyediakan versi berbayar untuk layanan yang lebih lengkap. Kartu Lebaran digital dari PicsArt bisa disimpan ke galeri ponsel untuk dikirimkan melalui pesan singkat atau email.

3. FilmoraGo

Jika ingin tampil beda, buat ucapan Lebaran dengan video pendek dengan bantuan aplikasi FilmoraGo. Rekam ucapan selamat Idul Fitri dengan kamera ponsel, tambahkan dengan gambar lain saat menyunting di aplikasi FilmoraGo.

Jika ingin membuat pesan Lebaran melalui video, usahakan durasi jangan terlalu panjang agar ukuran berkas tidak terlalu besar ketika dikirim lewat aplikasi pesan instan.

Baca juga: Ingin buat ucapan Lebaran yang menarik? ini lima aplikasinya

Baca juga: Peminat kartu Lebaran diyakini masih ada

Ridwan Kamil sebut peningkatan kasus COVID-19 di Jabar masih terkendali

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021